Berita PilihanSigom Atjeh

Puluhan Guru Aceh Timur Dibekali Ilmu TIK

Disdik-AtimAceh Timur – Sebanyak 72 orang guru jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA), dilingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur dibekali ilmu Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) untuk pendidik dan tenaga kependidikan.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari (4-7/6) itu dipusatkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Idi Rayeuk, dan dibuka Kepala Dinas Pendidikan Aceh Timur, dalam hal ini diwakili Kabid Dikmen, Saiful Basri.

Dalam arahannya Saiful Basri, mengungkapkan pihaknya berkomitmen meningkatkan mutu guru, terutama bidang Teknologi Informasi Komunikasi (TIK)  bagi pendidik dan tenaga kependidikan di daerah itu.

“Diera globalisasi ini, Teknologi Informasi Komunikasi begitu penting. Meskipun dalam kurikulum 2013 tidak ada lagi mata pelajaran TIK, namun setiap mata pelajaran di sekolah tetap berbasis TIK,” ungkapnya.

Apalagi, sambung Saiful, mulai tahun ini pemerintah telah menerapkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dan SMA menggunakan sistem Computer Base Test (CBT).

“Karena itu, insan pendidikan di Aceh Timur harus mampu menguasai ilmu teknologi kependidikan, tentunya dengan adanya pelatihan TIK yang diprakarsai oleh UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, dapat diimbaskan di sekolahnya masing-masing,” sambung Saiful.

Salah seorang panitia pelatihan TIK dari UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh, Mukhlis Sulaiman, mejelaskan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah paradigma pembelajaran.

“Kini terbentuk mekanisme belajar dari berbagai sumber dengan materi perkembangan ilmu pengetahuan mutakhir yang disajikan dalam multimedia. Karena itu, UPTD Balai Tekkomdik Aceh bermaksud melaksanakan pelatihan TIK pendidikan untuk pendidik dan tenaga kependidikan tingkat SD, SMP dan SMA sederajad,” terangnya.

Kata dia, pelatihan yang berlangsung di kabupaten Aceh Timur tersebut merupakan angkatan ke VII. Dalam pelatihan tersebut pihaknya juga menghadirkan para instruktur dari provinsi dan kabupaten setempat.

“Masing-masing instruktur memberikan materi yang berbeda. Misalnya Intan Nirmala, guru SMP negeri 3 Banda Aceh itu memberikan materi untuk jenjang SMP yaitu micrrosoft power point 2010, slide master, audio/video converter dan I spring,” katanya merinci.

Masih kata Mukhlis, tahun 2015 UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh melaksanakan pelatihan TIK untuk tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di 23 Kabupaten dan Kota.

“Kegiatan pelatihan ini tidak selesai begitu saja, karena setelah pelatihan ini setiap peserta diwajibkan untuk melakukan kegiatan imbas kepada guru yang ada di sekolahnya masing-masing minimal untuk lima orang,” katanya lagi.

Menurutnya, proses imbas dijadwalkan akan dilaksanakan selama tiga bulan kedepan dan proses kegiatan tersebut akan didampingi oleh instruktur dari kabupaten dan kota masing-masing.

“Teknisnya, para guru dapat mengkoordinasikan dengan panitia dari UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh dan panitia daerah,” tuturnya.

Ia menyebutkan, pihaknya juga pada tahun ini menggelar lomba desain website sekolah dan lomba pengembangan bahan ajar untuk tingkat guru SMP, SMA dan SMK.

“Informasi tentang lomba tersebut dapat diakses pada laman website resmi Dinas Pendidikan Aceh dan UPTD Balai Tekkomdik Aceh yaitu di http://disdik.acehprov.go.id dan http://www.tekkom-aceh.net,” sebutnya.

Selain itu, tambah dia, UPTD Balai Tekkomdik Dinas Pendidikan Aceh juga menginformasikan bahwa tahun ini pihaknya melaksanakan lomba kuis Kita Harus Belajar (KIHAJAR) di tingkat nasional oleh Pustekkomdikbud Jakarta.

“Di Aceh dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh dalam hal ini melalui UPTD Balai Tekkomdik Aceh dan direncanakan akan dilaksanakan di Banda Aceh. Lomba ini ditujukan untuk siswa SD, SMP dan SMA sederajat,” tambah Mukhlis. (Sp)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *