Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

KMSAMH: Desak Hakim Tipikor Vonis Berat Dasni Yuzar

korupsi

Ilustrasi

Banda Aceh – Tiga lembaga yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Sipil Anti Mafia Hukum (KMSAMH) yakni Lembaga Bantuan Hukum Banda Aceh, Koalisi NGO HAM dan MaTA mendesak majelis hakim tindak pidana korupsi (Tipikor) di Pengadilan Negeri Banda Aceh menjatuhkan hukuman berat terhadap Dasni Yuzar yang terindikasi kasus korupsi yayasan Cakradonya, Kamis (11/6/2015).

Dalam pernyataan sikap bersama yang diterima, koalisi ini membeberkan bahwa berdasarkan realitas persidangan dan informasi didapat, terdakwa kasus tersebut akan mendapat vonis ringan atau bahkan berpeluang divonis bebas.

“Hasil pemantauan yang selama ini setidaknya menemukan beberapa kejanggalan dalam pemberlakukan atas penanganan kasus ini, dimulai dari proses penyelidikan, penyidikan sampai dengan persidangan di pengadilan,” begitu tulisnya.

Lainnya, kasus ini juga dinilai lamban mulai dari proses penyelidikan pada tahapan awal, pemberlakukan istimewa terhadap para tersangka, sampai dengan tidak ditahannya terdakwa selama mengikuti proses penyidikan di Kejaksaan sampai persidangan di pengadilan.

Tidak hanya berhenti disitu, bahkan pada saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) selesai membacakan tuntutannya, usai terdakwa sidang terdakwa keluar dan tertawa kegirangan. “hal tersebut memunculkan tanda tanya besar, ada apa ini?,” tulisnya lagi.

Menurut Alfian selaku koordinator MaTA, dana yang terindikasi dikorupsi sebesar 1 miliar kalau seandainya digunakan untuk percepatan pembangunan fasilitas publik lainya yang lebih penting akan lebih bermanfaat bagi masyarakat. Di dasari pada hal tersebut selayaknya vonis dapat memberi efek jera. Sehingga dalam penangan kasus ini tidak menjadi residen buruk dalam percepatan pemberantasan Korupsi di Aceh. (PS)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *