Pembukaan Apel Dansat Tersebar Kodam Iskandar Muda di aula Bhakti Utama Rindam IM|doc.Ist

Pembukaan Apel Dansat Tersebar Kodam Iskandar Muda di aula Bhakti Utama Rindam IM|doc.Ist

Aceh Besar – Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto, pagi tadi, Kamis (11/6/15) membuka apel Komandan Satuan (Dansat) di Aula Bhakti Utama, Rindam IM, Gampong Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

Pada kesempatan tersebut Pangdam menyampaikan dalam amanatnya mengatakan, Apel Dansat merupakan kegiatan rutin tahunan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembinaan satuan melalui komunikasi dua arah antara pimpinan Kodam Iskandar Muda dengan para Dansat, sehingga tercipta soliditas dan kesamaan pola pikir tentang pokok-pokok kebijaksanaan kodam IM.

Katanya pula, kegiatan dimaksud sebagai upaya mengoptimalkan pelaksanaan tugas pokok dan terwujudnya pemahaman para Dansat terhadap pokok-pokok kebijakan pimpinan Kodam Iskandar Muda TA. 2015. Selain itu juga bertujuan meningkatnya profesionalitas Dansat melalui kepemimpinan lapangan yang dilandasi keunggulan etika dan moralitas, serta meningkatkan sinergitas fungsi intelijen, operasi, personel, logistik dan teritorial dalam mendukung tugas pokok Kodam IM.

Lanjut Pangdam, cara yang ditempuh untuk meningkatkan profesionalisme prajurit adalah dengan pelaksanaan binsat yang baik. Antara lain melalui penyusunan program latihan sesuai program latihan komando atas, melaksanakan program latihan yang telah disusun dengan baik, serta melaksanakan pengawasan dan pengendalian latihan juga dengan baik.

Selain itu Pangdam menekankan, bahwa keberhasilan Kodam IM tidak hanya tergantung dari kemampuan para Dansatnya saja, tetapi juga peran dari seluruh prajurit. Maka para komandan satuan wajib selalu peduli dan memperhatikan kesejahteraan para prajurit di satuannya,” tegasnya.

Hal demikian katanya, agar moril para prajurit selalu tinggi dan berpengaruh pula pada kesiapan satuan untuk melaksanakan tugas serta mencermati berbagai permasalahan menonjol bidang personel. Karena masih ditemukan berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh para prajurit, dan para Dansat agar mengoptimalkan pengawasan Ketat (Waskat) dan Jam komandan (Jamdan), tumbuhkan kepedulian dan kepekaan yang tinggi terhadap perkembangan satuan dan lingkungannya.

Pangdam berharap melalui Apel Dansat TNI AD tersebar di wilayah Kodam Iskandar Muda ini, agar bisa menciptakan suasana kerja dan lingkungan kehidupan yang nyaman, kondusif serta harmonis. Tanpa mengabaikan disiplin dan keamanan, agar memperkuat binsat bagi keberhasilan dan kesuksesan pelaksanaan tugas satuan.

Tekannya lagi, hal lain yang harus menjadi perhatian bersama adalah situasi masyarakat yang saat ini sedang dalam keadaan sulit. Dalam hal ini Kodam IM memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membantu rakyat melalui kegiatan pembinaan teritorial.

Apel Dansat bertema ”Melalui Apel Dansat TNI AD Tersebar TA 2015 di wilayah Kodam Iskandar Muda kita mantapkan peran Dansat dalam pembinaan satuan pembinaan satuan untuk mewujukan satuan yang siap operasional” akan berlangsung mulai 11 sampai 12 Juni 2015. Kegiatan internal Kodam IM dihadiri oleh Irdam, para Danrem, para Pa Ahli, Danrindam, para Asisten, Kabalak dan seluruh komandan satuan jajaran. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *