Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Sambut Ramadhan, Muspida Keluarkan Seruan Bersama

ramadhan1

Banda Aceh – Menyambut bulan suci Ramadhan 1436 H Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kota Banda Aceh mengeluarkan seruan bersama sebagai upaya menjaga stabilitas dan kenyamanan bagi masyarakat selama menjalankan ibadah puasa, Kamis (11/6/2015).

Dalam seruan dimaksud pemilik warung, restoran atau cafe dilarang keras menjual makanan dan minuman kepada masyarakat umum. Larangan ini berlaku mulai pukul 05.00 hingga 16.00 WIB. Selanjutnya, para pemilik warung dan restoran juga tidak dibenarkan membuka usahanya saat memasuki waktu Isya dan selama Tarawih berlangsung.

Selain itu pengusaha Bilyard, Play Station dan hiburan lainnya juga dilarang membuka usahanya selama bulan suci Ramadhan. Untuk salon, hanya boleh buka dari jam 09.00-16.00 WIB.

“Kepada pengusaha hotel dan kafetaria, dilarang menyediakan makanan dan minuman pada siang hari, menggelar karaoke, disko dan sejenisnya,” tegas Illiza di hadapan unsur Muspida Kota Banda Aceh di ruang rapat wali kota.

Kepada kaum muslimin, wali kota meminta agar memakmurkan rumah Allah dengan melaksanakan Shalat Tarawih, Tadarus , Itikaf dan ibadah lainnya. “Hindari perbuatan sia-sia yang dapat mengurangi pahala puasa. Tunaikan zakat, perbanyak infaq, sedekah dan menyantuni anak yatim dan fakir miskin,” ajak wali kota.

Mengenai sanksi yang akan diberikan jika ada yang melanggar seruan bersama ini, wali kota menyatakan sanksinya lebih kepada sanksi sosial. “Karena ini sifatnya imbauan atasu seruan, jika ada yang melanggar kita akan lakukan pembinaan. Namun tidak tertutup kemungkinan izin usaha para pelanggar juga bisa dicabut jika tetap membandel,” tegas Illiza. (Jun)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *