Berita PilihanRampoe

Dirlantas: 6 Pengendara Meninggal Setiap Hari

kecelakaanBanda Aceh –  Direktur Lalu Lintas Polda Aceh  Kombes Pol Drs Kilat Purwoyudo MSi mengatakan pelaku maupun korban kecelakaan lalu lintas selama ini  didominasi kalangan remaja.

Khusus di Aceh,  jumlah korban yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas mencapai rata-rata  enam orang per hari.

“Ini belum termasuk yang luka berat,” kata Kombes Kilat Purwoyudo saat membuka kegiatan ‘Bimbingan Teknis  Kurikulum Berlalu Lintas Mata Pelajaran PKN’ di Sultan Hotel, Jumat (12/6).

Menurut  Kasi Kurikulum Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Aceh Zulbahri SPd MEd, kegiatan yang akan digelar hingga 16 Juni tersebut menghadirkan 30 guru PKN dari 23 kabupaten/kota. Sedangkan narasumber berasal  dari Ditlantas Polda Aceh dan nasional.

“Kegiatan ini untuk membekali para guru, sehingga punya pemahaman dan pengetahuan yang lebih baik tentang undang-undang jalan raya,” kata Zulbahri dalam sambutannya.

Terkait materi yang diajarkan, kata Kilat Purwoyudo, mengenai tata cara berlalu lintas dan sikap serta etika berlalu lintas.

”Bapak dan ibu-ibu merupakan kepanjangan tangan dari polisi untuk mengajak anak-anak  agar bisa tertib dalam berlalu lintas,” kata pria yang  baru menjabat Dir Lantas Polda Aceh tiga Minggu lalu itu.

Kilat Purwoyudo menambahkan, pada tahun 2013, jumlah korban tewas karena kecelakaan lalu lintas mencapai 31.234 orang. Sedangkan untuk tahun 2014 mencapai 26.484 orang.

Berdasarkan pengalaman selama ini, sikap tak tertib siswa menjadi  penyebab utama timbul kecelakaan, misalnya karena ugal-ugalan, ngebut beramai-ramai dalam satu lintasan jalan, hingga berboncengan berlebihan.

Sumber: serambinews.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *