Berita PilihanSigom Atjeh

Bupati Bireuen Resmikan Institut Agama Islam Al-Aziziyah

Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud (empat dari kanan) Usai Penandatangan Prasasti Peresmian IAI Al-Aziziyah Samalanga, Kabupaten Bireuen (Foto, TARMIZI A. GANI)

BIREUEN – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Aziziyah Samalanga yang telah berganti nama menjadi Institut Agama Islam (IAI) Al-Aziziyah Samalanga, Sabtu (13/6/2015), diresmikan oleh Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud. Peresmian tersebut bersamaan dengan Wisuda Sarjana di Komplek Dayah MUDI Mesra, Samalanga, Kabupaten Bireuen.

Rektor IAI Al Aziziyah Samalanga Dr Tgk Muntasir MA , dalam kesempatan tersebut menjelaskan, IAI Al-Aziziyah sudah diperjuangkan mulai 2003 lalu. Dulu bernama STAI Al Aziziyah dan perubahan status menjadi IAI tepatnya 7 Juli 2014.

Bupati Bireuen H. Ruslan M. Daud dalam sambutannya di hadapan 383 Wisudawan, mengatakan bahwa kehadiran kampus di tengah-tengah dayah merupakan sebuah kemajuan yang sangat besar di dunia dayah.

Diharapkan keterpaduan antara Ilmu Agama yang diajarkan di dayah dan Ilmu umum di kampus akan mampu melahirkan sarjana yang memiliki iman dan taqwa (IMTAQ) yang dipadu dengan ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK).

 “Sejatinya para wisudawan dapat menerapkan perpaduan kedua ilmu tersebut dan nantinya dapat bersaing dalam derasnya arus globalisasi,” ujarnya.

Rektor  Universitas Malikussaleh (Unimal) Lhokseumawe, Prof. Dr. H. Apridar, SE, MSi, mengungkapkan pemberlakuan Syariat Islam di Aceh seharusnya tidak hanya berkaitan dengan hukum semata. Tetapi juga teraplikasi nilainya dalam aspek kehidupan sosial, politik, ekonomi, dan budaya.

 “Masih banyak ruang kosong baik di tataran konsep maupun implementasi hukum syariah dalam qanun. Seharusnya masalah ini menjadi pemikiran kita bersama untuk mengatur kehidupan masyarakat Aceh dalam ruang islami,” ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Tgk Marzuki M Pd, menyebutkan, IAI Al-Aziziyah memiliki Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Fakultas Tarbiyah dan Fakultas Dakwah dengan enam program studi dengan 3597 mahasiswa.

“Hari ini 383 orang diwisuda, 58 orang dari fakultas dakwah, fakultas syariah dan ekonomi Islam 114 orang dan fakultas tarbiyah 211 orang. Sembilan diantaranya lulus cumlaude,” rincinya. (Tarmizi AG)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *