Berita PilihanHeadline NewsNasional

Lima Anggota Gafatar Lainnya Divonis Tiga Tahun

Ilustrasi | sumber:Habadaily.com

Ilustrasi | sumber:Habadaily.com

Banda Aceh – Lima orang terdakwa kasus Gafatar yang menjalani sidang putusan siang tadi di PN Banda Aceh, Senin (15/6/2015), oleh majelis hakim, masing-masing dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Ini satu tahun lebih ringan dibandingkan dengan ketua DPD Gafatar Aceh yang juga disidang sebelumnya secara terpisah.

Dalam sidang putusan yang diketuai oleh hakim Syamsul Qamar, SH, M.H, didampingi  Ahkmad Nakhrawi Mukhlis, SH., dan Muhifuddin SH., MH selaku hakim anggota mengadili bahwa kelima terdakwa terbukti bersalah mendukung sekaligus menyebarkan faham yang bertentangan dengan nilai-nilai dan ajaran agama Islam.

Kelima terdakwa yang menjalani sidang secara bersamaan antara lain, Musliadi bin Muhammad, M. Althaf Mauliyul Islam bin Fuad Mardhatillah, Fuadi Mardhatillah bin Suhaimi, Ayu Ariestyana binti Arifin Ardaeng dan Ridha Hidayat bin Edi Safran

Dalam persidangan, kelima terdakwa yang satunya perempuan telah terbukti melanggar pasal 156a KUHP. Dimana dalam pasal tersebut dinyatakan bahwa dipidana dengan pidana penjara selama-lamanya lima tahun, barang siapa dengan sengaja di muka umum mengeluarkan perasaan atau melakukan perbuatan yang pada pokoknya bersifat permusuhan, penyalahgunaan atau penodaan terhadap suatu agama yang dianut di Indonesia.

Pantauan AtjehLINK di PN Banda Aceh, dalam masa persidangan berlangsung, ruang sidang dipadati oleh PNS di lingkungan Pemko Banda Aceh dan masyarakat yang ingin melihat langsung sidang berjalan.

Selain itu, beberapa ormas yang menentang adanya Gafatar di Aceh sejak tadi pagi sebelum sidang berlangsung terlihat lalu lalang di area PN Banda Aceh. Di area yang sama, sejumlah aparat keamanan juga terlihat berjaga-jaga. (zamroe)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *