Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Polres Pidie Musnahkan Setengah Ton Lebih Ganja

Ilustrasi | tempo.co

Ilustrasi | tempo.co

Sigli – Sebanyak 629 kilogram (kg) ganja kering dan 50 batang ganja dimusnahkan di halamam Mapolres Pidie, Selasa (16/6/2015) pagi tadi. Pemusnahan yang dilakukan dengan cara dibakar ini dilaksanakan oleh unsur Muspida Kabupaten Pidie. Di antaranya Kejaksaan Negeri Sigli dan Meureudu, Pejabat Pengadilan Negeri Sigli, dan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pidie, serta beberapa unsur masyarakat.

Dalam konferensi pers, Kasat Narkoba Pidie, Iptu Andi Cakra Putra, kepada wartawan mengatakan, ganja yang dimusnahkan tersebut adalah hasil tangkapan di Kecamatan Bandar Baru, Kabupaten Pidie Jaya beberapa waktu lalu.

“Ada 632 kg ganja kering yang ditangkap di Kecamatan Bandar Baru, Pidie Jaya beberapa waktu lalu. Sebanyak 629 kg telah kita musnahkan, sementara sisanya disimpan untuk barang bukti pada saat dipengadilankan,” katanya.

Sementara hasil temuan ladang ganja di Blang Malo, Kecamatan Tangse sebelumnya, Iptu Andi mengatakan terdapat sekitar 2000 batang ganja di tempat tersebut. Dan secara simbolik 50 batang ganja hasil temuan itu dari sana juga turut dimusnahkan.

Sejak Januari hingga Juni 2015, Iptu Andi mengatakan, Polres Pidie telah menyita sebanyak 684,63 gram sabu-sabu. Terkait barang haram ini, 50 orang pengedar dan penggunanya telah berhasil ditangkap. “Sedangkan untuk kasus narkoba jenis ganja, polisi telah menyita 1469 kg dan memusnahkan 1102 kg serta menangkap 14 pelakunya,” terang Andi.

Kepala Bagian Sumber Daya (Kabag Sumda) Polres Pidie, Kompol Suharto, mewakili Kapolres Pidie, mengatakan pengguna narkoba di Pidie telah banyak beralih ke jenis sabu-sabu. Tahun 2013 polisi mengungkap sebanyak 76 kasus, tahun 2014 sebanyak 86 kasus. Sementara hingga Juni 2015, tercatat 46 kasus telah diusut oleh pihak kepolisian.

“Kasus narkoba yang belum terungkap lebih banyak lagi. Kapolres Pidie memberi amanah kepada semua pihak untuk dapat saling membantu memerangi narkoba di Pidie dan Pidie Jaya,” kata Kompol Suharto. (Zian)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *