Berita PilihanNasional

139 Orang sudah Daftar Jadi Calon Pimpinan KPK

calon kpk

AtjehLINK – Sebanyak 139 orang sudah mendaftarkan diri menjadi peserta seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Profesi yang terbanyak mendaftar adalah advokat.

“Yang telah mendaftar sebagai capim KPK adalah 139 orang, delapan diantaranya adalah perempuan. Profesi terbanyak advokat (32), PNS (26) dan Dosen (16),” kata Juru Bicara Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK Betti S Alisjahbana melalui pesan singkat, Kamis (18/6).

Betti menjelaskan, 76 persen pendaftar berada pada usia 45 sampai 60 tahun. Sebanyak 55 persen diketahui mengenyam pendidikan terakhir di tingkat S2 atau S3.

“Usia terbanyak dari 139 orang ini adalah antara 45-60 tahun, yaitu 76 persen dan 55 persen pendidikan S2 atau S3,” ujar dia.

Angka ini pun diperkirakan akan terus bertambah lagi. Pasalnya, Pansel KPK kini sedang gencar menjalankan roadshow ke tiga kota besar. Betti pun sedang berada di Medan bersama rekannya Meuthia Ganie, sedangkan anggota lainnya, Supta Wimbarti ada di Yogyakarta.

Roadshow ini bertujuan untuk menjaring orang-orang yang memiliki kualitas sebagai pimpinan KPK dan mendorongnya mengikuti seleksi.

“Acara itu disambut dengan antusias oleh para peserta dan media. Beberapa tokoh daerah menyatakan akan ikut dalam seleksi capim KPK,” pungkasnya.

Proses pendaftaran seleksi pimpinan KPK telah dibuka sejak 5 sampai 24 Juni mendatang. Dua anggota aktif dan satu purnawirawan Polri dikabarkan telah mendaftarkan diri. Sementara, Kejaksaan Agung telah mengajukan lima jaksa terbaiknya untuk maju. (sumber:mediaindonesia.com)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *