Berita PilihanRampoe

3 Alasan Hindari Bersihkan Telinga dengan Cotton Bud

Cotton BudAtjehLINK – Ketika telinga merasa gatal atau mungkin merasa lama tak membersihkan telinga, apa yang dilakukan kebanyakan orang? Mudah ditebak, mereka akan mencari yang namanya cotton bud untuk mengorek telinga.

Maksudnya dengan memasukkan cotton bud ke dalam lubang telinga lalu berusaha mengeluarkan kotoran telinga.

Sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang untuk membersihkan telinga dengan menggunakan cotton bud. Mereka percaya dengan cotton bud telinga akan menjadi lebih bersih.

Pertanyaannya sekarang adalah, pernahkah Anda sadari, benarkah membersihkan telinga dengan cotton bud itu baik untuk telinga?

Ternyata jawabannya adalah tidak, dikutip dari laman Health Me Up, ada tiga alasan kenapa membersihkan telinga dengan cotton bud itu justru tidak baik bagi telinga Anda. Simak berikut tiga alasan tersebut:

1. Cotton Bud Bisa Merusak Telinga
Ketika memasukkan cotton bud ke dalam lubang telinga itu sama saja dengan memasukkan bakteri baru ke dalam telinga. Tak hanya itu, tak mengeluarkan kotoran tapi cotton bud justru bisa mendorong kotoran masuk lebih ke dalam telinga bersama bakteri baru yang dibawanya.

Bahkan jika Anda terlalu dalam memasukkan cotton bud, maka dapat menyentuh gendang telinga. Padahal gendang telinga itu merupakan bagian penting telinga yang sangat rapuh. Bila sering tergesek dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga.

2. Telinga Dapat Membersihkan Dirinya Sendiri
Pernahkah anda sadari bahwa telinga itu merupakan bagian tubuh yang dapat membersihkan dirinya sendiri. Tak perlu membersihkannya dengan memasukkan benda-benda untuk mengorek bagian dalam telinga. Kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya.

3. Kotoran Telinga Sebenarnya Baik Bagi Kesehatan
Kebanyakan orang menganggap kotoran telinga merupakan suatu hal kotor yang harus dikeluarkan. Saat berhasil mengeluarkannya, mereka akan lega karena merasa telah membuang hal yang tak baik bagi telinga.

Padahal tidak demikian, sebenarnya kotoran telinga itu merupakan minyak yang berfungsi melapisi dan melindungi bagian dalam telinga. Kotoran telinga memiliki kandungan zat anti bakteri yang dapat mencegah infeksi serta dapat mengeluarkan air dengan lebih mudah.

Masih ada fungsi penting lagi, kotoran telinga berfungsi membawa keluar sel kulit mati serta kuman. Bila terlalu sering mengeluarkan kotoran tersebut maka dapat menyebabkan bagian telinga Anda terasa kering tak seperti biasanya.

Demikian tiga alasan kenapa membersihkan telinga dengan cotton bud itu tidak baik bagi kesehatan telinga itu sendiri. Secara sederhana mungkin dapat dikatakan, cotton bud itu tak membersihkan telinga, tapi justru mengotorinya.

Sumber: duniasejutawarna

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *