Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Gubernur Lepas Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh

Ilustrasi | doc.shiaprayerkit.ir

Ilustrasi | doc.shiaprayerkit.ir

Banda Aceh – Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Drs Dermawan MM mewakili Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah melepas keberangkatan Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ke sejumlah masjid di seluruh kabupaten/kota se-Aceh. (Selasa, 23/6/2015).

Sebagaimana diketahui, setiap tahunnya Pemerintah Aceh selalu membentuk Tim Safari Ramadhan untuk membangun silaturrahmi dengan masyarakat di berbagai wilayah.

“Selain beranggotakan pejabat Pemerintah Aceh, tim ini juga terdiri dari para alim ulama, dan da’i. Selama Ramadhan, tim ini akan turun ke daerah-daerah untuk menebarkan syiar Islam sekaligus menyampaikan misi Pembangunan Aceh,” terang Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga menjelaskan, bahwa secara garis besar ada empat tugas utama yang akan dilakukan oleh Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh ini, yaitu Menyampaikan pesan agama dan menyemarakkan syiar Ramadhan, Menampung dan menyerap berbagai informasi dan masukan dari masyarakat terkait dengan pembangunan Aceh.

Selanjutnya, Membangun komunikasi dan silaturrahmi antara Pemerintah Aceh dengan masyarakat, dan Menyampaikan pesan dan informasi agar masyarakat mengetahui dengan baik dan benar dinamika Pembangunan Aceh yang sedang berjalan saat ini.

“Sosialisasi empat poin ini tentu saja disampaikan melalui mekanisme ceramah agama. Artinya, fokus utama tetap syiar Islam, tapi di dalamnya diselipkan pesan-pesan pembangunan dari Pemerintah Aceh.”

Gubernur juga mengingatkan, misi utama tim ini adalah agama dan pembangunan, oleh karena itu Gubernur meminta agar tim ini tidak menyentuh hal-hal yang bersifat khilafiah.

“Kalaupun muncul pertanyaan mengenai masalah ini, maka masyarakat dapat berpegang pada ucapan bijak Syaikh Yusuf Qardhawi yang mengatakan, Mari kita bantu membantu terhadap amalan yang telah kita sepakati, dan kita toleransi terhadap hal-hal yang sifatnya khilafiyah,” pesan Gubernur.

Gubernur berharap Tim Safari Ramadhan ini akan menjadi motor bagi penguatan kesalehan individual dan kesalehan sosial di kalangan masyarakat Aceh.

“Kita berharap Tim Safari Ramadhan ini bisa menjadi motor bagi penguatan kesalehan individual dan kesalehan sosial di kalangan masyarakat Aceh. Dengan demikian maka momentum Ramadhan ini tidak hanya memperkuat hubungan kita secara vertical kepada Allah SWT, tapi dapat pula mengokohkan hubungan horizontal di antara sesama masyarakat.”

“Saya ucapkan selamat bertugas kepada Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh. Semoga misi ini berjalan lancar dan memberi manfaat secara luas kepada masyarakat dan pembangunan Aceh,” pungkas Gubernur.

Memakmurkan Masjid

Sementara itu, Kepala Biro Isra, Ilyas Nyak Tuy selaku Ketua Panitia Safari Ramadhan Pemerintah Aceh 2015 menjelaskan, tim Safari Ramadhan akan berkunjung ke 69 Masjid yang tersebar di 23 kabupaten/kota se-Aceh.

“Tim nantinya akan berkunjung ke tiga Masjid disetiap kabupaten/kota yang disinggahi. Tema besar yang diusung dalam ceramah nantinya adalah  ‘Memakmurkan Masjid’.”

Ilyas menambahkan, Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh terdiri dari beberapa unsur, yaitu unsur Pemerintah Aceh yang diwakili oleh Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh (SKPA) dan Kepala Biro, Unsur ulama dan tokoh masyarakat, Penceramaha dan Imam.

“Dalam setiap rombongan nantinya juga akan didampingi oleh staf dari Biro Keistimewan yang nantinya akan bertugas mengurusi permasalahan administrasi selama perjalanan,” terang Ilyas.

Tim Safari Ramadhan Pemerintah Aceh akan mulai menjalankan misi Silaturrahmi dan Dakwah mulai hari ini, 23 Juni hingga 02 Juli 2015.

Hadir dalam kegiatan tersebut para Kepala SKPA, Kepala Biro dijajaran Setda Aceh, tokoh masyarakat dan sejumlah awak media. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *