Berita PilihanSigom Atjeh

Bank Kfw Jerman bantu pembangunan rumah sakit regional di Aceh

Gub-MicBanda Aceh – Bank Kfw Jerman menawarkan dana Soft Loan untuk pembangunan Rumah Sakit Regional (RSR) di Aceh. Tawaran dana untuk pembangunan sektor pelayanan kesehatan itu disampaikan pihak manajemen KfW Mr. Christopher Twerenbold dan Jochen Saleth, dalam pertemuan dengan Gubernur Zaini Abdullah di ruang rapat kantor Gubernur Aceh, Selasa (23/06) pagi. 

Pendanaan itu ditujukan untuk membantu persiapan konstruksi rumah sakit, peningkatan sumber daya manusia bidang kesehatan dan pengembangan sistem pelayanan terintegrasi.

Dalam rapat tersebut, Gubenur Zaini Abdullah didampingi Wali Nanggroe Aceh Malik Mahmud Al-Haytar. Juga dihadiri Wakil Ketua DPR Aceh Dalimi, Ketua Fraksi Partai Aceh Kautsar, sejumlah anggota DPR Aceh dan pejabat lingkup Pemerintah Aceh.

Gubernur Zaini Abdullah, menyampaikan terima kasih kepada pihak KfW yang telah bersedia menawarkan kerja sama dana Soft Loan pembangunan RS regional di Aceh untuk mendukung kesehatan rakyat Aceh.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Aceh, untuk itu saya minta dukungan semua pihak agar pembangunan rumah sakit regional ini bisa segara dilaksanakan,” ujar Zaini.

Menurutnya, hak untuk mendapatkan kesehatan adalah bentuk dari rasa keadilan kepada masyarakat dalam pengembangan kualitas SDM dan juga salah satu strategi dalam post Mellenium Development Goals (MDGs) di masa depan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh M.H Yani menambahkan, Pemerintah Aceh sudah melakukan kajian kemampuan keuangan daerah, menyelesaikan amdal dan menyiapkan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit tersebut.

Selain itu, jelas M Yani, Gubernur Zaini Abdullah juga telah menyurati DPR Aceh untuk mendapatkan persetujuan terhadap pinjaman dana tersebut.

Selain itu, terang Yani, pihaknya juga telah menyerahkan readiness kriteria ke Bappenas.

“Pihak Kemendagri rencananya akan mengundang Pemerintah Aceh, DPR Aceh, Kementrian dan lembaga terkait untuk membahas persiapan pinjaman daerah untuk pembangunan RS Regional tersebut,” jelas Yani.

Sementara itu, Jochen Saleth mengatakan bahwa Pemerintah Jerman melalui KfW siap bekerja sama untuk membantu Pemerintah Aceh dalam hal pembangunan rumah sakit regional.

“Ini merupakan peluang bagi pemerintah Aceh untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan akan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain,” kata J Saleth.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *