Berita PilihanRampoe

Tips Membeli Mobil Seken

Pasaran mobil bekas memang sedang booming.

Mobil SekenAtjehLINK – Saat ini, banyak orang yang cenderung membeli mobil bekas ketimbang mobil baru, karena dianggap harganya lebih miring dan terjangkau. Pasaran mobil bekas memang sedang booming dan didukung lembaga penyedia pinjaman untuk kredit mobil.

Membeli mobil bekas yang berkualitas baik, memang tidak mudah. Apalagi, para penjual mobil bekas cenderung untuk berpromosi habis-habisan, supaya Anda membeli mobil dari mereka.

Kalau tidak cermat, bukannya mendapat mobil yang bagus, Anda harus kecewa karena harus mengeluarkan dana tambahan untuk reparasi dan servis, yang ujung-ujungnya hampir sama dengan harga mobil baru.

Jadi, sebelum membeli mobil seken, baiknya Anda perhatikan hal-hal dibawah ini:

1. Jangan tergiur iklan

Jangan terkecoh dengan apa yang digembar gemborkan oleh iklan. Lebih baik, Anda datang sendiri ke tempat penjualan mobil bekas, atau bertemu si penjual  langsung untuk menanyakan kondisi mobil dan harganya. Sering kejadian kalau ada perbedaan yang cukup mencolok antara harga mobil di iklan dan harga jual mobil sebenarnya yang pasti merugikan si pembeli.

Sebelum deal untuk membeli, pastikan Anda sudah mengetahui informasi harga normal dan bekas mobil inceran Anda. Ini penting dalam usaha Anda melakukan tawar menawar.

2. Gunakan lembaga finance berpengalaman

Seandainya Anda ingin membeli mobil bekas dengan cara kredit, pastikan Anda memilih lembaga finance, atau leasing yang berpengalaman dalam menyalurkan kredit.

Seandainya lembaga finance dan leasing yang cukup kondang mau mengucurkan kredit untuk membeli mobil yang kita incar, kemungkinan besar mobil dalam kondisi baik, karena pihak penyalur kredit pasti tidak mau menerima jaminan mobil yang sudah butut.

Oh ya, selain lembaga finance, atau leasing yang bisa membantu untuk membeli kendaraan, Anda juga bisa membandingkan produk kredit tanpa agunan di berbagai website komparasi.

3. Cek kondisi mobil

Saat mencari mobil seken untuk dibeli, bawalah orang yang benar-benar mengerti dengan seluk beluk mesin mobil. Terkadang banyak orang terkecoh dengan mobil yang terlihat mulus, tetapi memiliki mesin yang payah, sehingga Anda terpaksa sering ke bengkel.

Pastikan suara mesinnya cukup halus dan getarannya tidak kasar. Selain mesin, pastikan AC, tali kipas, dan remnya juga dalam keadaan oke. Anda juga harus memeriksa semua bagian di mobil yang memakai listrik, misalnya apakah lampu, power window, dan wiper bekerja dengan baik.

Cek juga bagian-bagian pintu mobil untuk mengetahui, apakah mobil itu pernah mengalami tabrakan. Cirinya cukup mudah, yaitu dengan melihat apakah antara rangka pintu dan kusen sama lebar. Bila beda, bisa dipastikan mobil itu pasti pernah tabrakan, atau patah

4. Dokumen kendaraan

Sering sekali mobil seken memiliki dokumen yang tidak lengkap, sehingga  disebut mobil bodong alias tanpa surat. Anda harus jeli untuk mengetahui, apakah surat-surat mobil seperti STNK dan BPKB mobil yang Anda incar adalah asli. Kalau perlu, Anda bisa mengecek kondisi keaslian STNK dan BPKB itu pada kantor lantas terdekat. Lakukan ini sebelum melakukan pembayaran.

5. Membeli dis howroomter percaya

Alangkah baiknya menghindari membeli mobil bekas di sembarang tempat, atau di showroom ilegal. Showroom yang punya nama lebih bisa dipercaya dan akan berusaha menjaga nama baiknya.

Selain itu, showroom yang sudah kondang biasanya akan memberikan jaminan pada pembeli dan tidak akan sembarangan membeli mobil untuk dijual kembali.

6. Membeli dari tangan pertama

Selain showroom terpercaya, disarankan untuk membeli mobil bekas dari tangan pertama. Kenapa? Karena, pemilik pertama pasti sangat merawat mobilnya, sehingga kondisinya dijamin lebih bagus.

Anda juga bisa langsung bertanya soal kekurangan dan kelebihan mobil tersebut langsung ke mereka. Ingat, kalau mobil itu dijual karena alasan butuh uang, atau pemiliknya sudah bosan, tandanya kondisi mobil masih lumayan

7. Sabar saat membeli

Jangan terburu-buru menentukan pilihan, bila menemukan mobil yang menarik hati Anda. Pastikan Anda juga melihat model, merek, atau jenis mobil seken lain supaya ada perbandingan.

Untuk mencegah Anda tergoda melakukan transaksi langsung, tinggalkan kartu ATM, maupun kartu kredit di rumah. Ingat, kesabaran sangat penting untuk mendapatkan mobil terbaik yang sesuai dengan kocek. Selamat berburu mobil seken!

Sumber: VIVA.co.id 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *