Berita PilihanInternasional

ISIS Klaim Dalangi Bom Bunuh Diri di Masjid Syiah Kuwait

Polisi Kuwait memeriksa kerusakan yang ditimbulkan bom bunuh diri yang meledak di sebuah masjid Syiah di Kuwait City, Jumat (26/6/2015) | Doc.Kompas.com

Polisi Kuwait memeriksa kerusakan yang ditimbulkan bom bunuh diri yang meledak di sebuah masjid Syiah di Kuwait City, Jumat (26/6/2015) | AFP

Kuwait – Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mengklaim berada di belakang aksi bom bunuh diri yang menghancurkan sebuah masjid Syiah di Kuwait, Jumat (26/6/2015), yang menewaskan 13 orang.

Kelompok militan Arab Saudi bernama Provinsi Najd yang berafiliasi kepada ISIS mengatakan seorang anggotanya Abu Suleiman al-Muwahhid adalah pelaku aksi bom bunuh diri di Kuwait itu.

Kelompok ini juga mengklaim bertanggung jawab atas serangan bom di beberapa masjid Syiah di Arab Saudi bulan lalu. Dua serangan bom di Arab Saudi itu, seperti halnya yang terjadi di Kuwait, dilakukan tepat saat ibadah shalat Jumat.

ISIS juga mengklaim mendalangi serangan serupa terhadap umat Syiah di Yaman. Serangan terakhir di Yaman terjadi sepekan lalu.

Pada 17 Juni, serangan bom di beberapa masjid Syiah dan sejumlah perkantoran di Sana’a menewaskan setidaknya 31 orang dan melukai puluhan orang lainnya.

(Sumber: Kompas.com)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *