Berita PilihanInternasional

Islandia Jadi Negara Paling Damai di Dunia, Indonesia Urutan 46

GPIJakarta – Sebuah lembaga nonprofit Institute for Economics and Peace merilis Global Peace Index 2015. Hasilnya menempatkan negara Islandia sebagai negara paling damai di dunia.

Survei dilakukan terhadap 162 negara di seluruh dunia. Indikator kedamaian di antaranya dilihat dari tingkat kejahatan dan rendahnya konflik baik di dalam maupun luar negeri.

“Eropa mempertahankan posisinya sebagai benua paling damai di dunia, didukung oleh kurangnya konflik domestik dan eksternal,” jelas laporan tersebut seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/6/2015).

Islandia adalah negara yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik. Jumlah penduduk di negara seluas 103 km2 itu sekitar 300 ribu jiwa.

Sepuluh besar negara paling damai mayoritas memang ditempati oleh negara-negara di Benua Eropa. Berturut-turut mulai dari posisi satu yaitu Islandia, Denmark, Austria, Selandia Baru, Swiss, Finlandia, Kanada, Jepang, Australia, dan Republik Ceko.

Menurut survei ini, Indonesia berada di urutan ke 46. Satu angka di bawah Prancis dan di atas Serbia. Sementara itu Singapore menempati urutan ke 24 dan Malaysia urutan 28.

Negara dengan tingkat kedamaian paling rendah yaitu Korea Utara. Sementara itu 10 negara dengan tingkat kedamaian paling rendah yaitu berturut Syria, Irak, Afganistan, Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, Somalia, Sudan, Republik Demokrasi Kongo, Pakistan, dan Korea Utara.

Sumber: detik.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *