Berita PilihanNasional

Keren! PN Denpasar Vonis Berat Para Terdakwa Korupsi

PersidanganJakarta – Pengadilan Negeri (PN) Denpasar kembali memvonis berat terdakwa korupsi. Kali ini diberikan kepada I Wayan Candra yang juga mantan Bupati Klungkung dengan hukuman 12 tahun penjara.

“Keren,” kata penggiat antikorupsi dari ICW, Emerson Yuntho, Jumat (26/6/2015).

Candra didakwa dalam kasus pembebasan lahan untuk Dermaga Gunaksa yang terjadi kebocoran anggaran di sana-sini. Alhasil, jaksa lalu menyidik kasus ini dan Candra lalu diadili di PN Denpasar.

Ketua majelis Hasoloan Sianturi dengan anggota majelis Sumali dan Hartono memvonis Candra dengan hukuman 12 tahun penjara. Selain itu, Candra juga harus mengembalikan uang yang dikorupsinya yaitu sebesar Rp 1,9 miliar atau assetnya disita. Jika tidak cukup assetnya maka diganti 2 tahun penjara.

“Keren, khususnya untuk Pengadilan Tipikor di luar Jakarta,” ucap Emerson.

Sebelumnya, PN Denpasar juga menjatuhkan vonis berat untuk I Nyoman Budi Permadi. Staf Kejaksaan Tinggi Denpasar itu dihukum 15 tahun penjara karena korupsi uang hasil sitaan korupsi sebesar Rp 1,7 miliar. Permadi malah memilih dihukum 19 tahun penjara karena ia tidak punya uang untuk mengembalikan uang yang telah dikorupsinya.

Tidak hanya itu, PN Denpasar juga menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada Chris Sridana dan 10 tahun penjara kepada Inderapura Bernoza.

Mereka berdua terlibat kasus korupsi duit parkir Bandara I Gusti Ngurah Rai. Selain itu, Chris juga harus mengembalikan uang yang dikorupsinya sebesar Rp 19 miliar. Vonis Chris dan Permadi telah berkekuatan hukum tetap.

Sumber: detik.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *