Nasional

Sudah 485 Orang Mendaftar Capim KPK, Apa Saja Profesinya?

Ilustrasi | Foto: Fokusbisnis.com

Foto: Fokusbisnis.com

Jakarta – Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menerima berkas pendaftaran 485 orang sejak diperpanjang pada 24 Juni lalu. Ratusan pendaftar ini berasal dari berbagai kalangan dan profesi, di antaranya kepolisian, TNI, hakim, internal KPK, hingga wartawan.

Juru bicara Pansel KPK Betti S Alisjahbana memaparkan, dari seluruh pendaftar itu, sebanyak 39 orang di antaranya perempuan. Sebanyak 209 orang pendaftar juga telah melengkapi dokumen pendaftarannya. Jika dilihat dari latar belakang profesi, pegawai negeri sipil menem[ati urutan teratas dengan jumlah 78 orang pendaftar.

Selanjutnya, dosen (71 orang), advokat (69 orang), pegawai swasta (47 orang), pensiunan (41 orang), dan wiraswasta (28 orang).

“Profesi lain yang menarik yaitu Polri 19 orang (6 orang di antaranya purnawirawan), TNI ada 4 orang (2 purnawirawan), Hakim 3 orang, KPK 2 orang, Wartawan 4 orang,” kata Betti, melalui pesan singkat yang diterima wartawan, Jumat (26/6/2015) malam.

Pansel KPK masih akan membuka pendaftaran hingga 3 Juli pukul 12.00 WIB. Pengumuman nama-nama yang lolos seleksi administrasi akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli melalui press conference dan di situs www.setneg.go.id.

Tanggapan masyarakat terhadap nama-nama yang lolos seleksi administrasi dibuka selama sebulan dari tanggal 4 Juli-3 Agustus 2015. Pansel akan menyediakan halaman khusus di situs www.setneg.go.id untuk menampung tanggapan masyarakat.

(Sumber: Tempo.co)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *