Berita PilihanSigom Atjeh

Tahun Ini Kodam IM Bangun 56.794 Ribu Jamban di Aceh

Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto memberikan bantuan pembangunan jamban kepada salah satu keluarga kurang mampu | Foto:Ist

Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI Agus Kriswanto memberikan bantuan pembangunan jamban kepada keluarga kurang mampu | Foto:Ist

Banda Aceh – Dalam rangka kegiatan Karya Bhakti, TNI Angkatan Darat (AD) melalui Komando Daerah Militer (Kodam) Iskandar Muda dalam tahun 2015 akan membangun 56.794 jamban keluarga di seluruh Aceh.

Keterangan Pangdam IM TNI Agus Kriswanto, kegiatan tersebut adalah wujud kepedulian Kodam IM untuk membantu masyarakat yang belum memiliki Jamban Keluarga yang layak, Kamis (25/06/15).

Pangdam menambahkan, pembangunan jamban tersebut, merupakan kerja sama TNI AD dengan Kementerian Sosial. Pembangunan jamban dilakukan di seluruh Indonesia dengan dana mencapai Rp34 miliar. Untuk Aceh anggaran diplot sebesar 2 miliar.

“Semua pembangunannya akan dikerjakan oleh jajaran Kodam IM,” ujarnya.

Pembangunan jamban tersebut dilakukan di setiap rumah penduduk yang sudah terdata. Untuk satu rumah mendapat satu kakus dan septic tank. Dan yang dibangun  bukan untuk kelompok masyarakat.

“Ada beberapa Kodim sudah menginisiasi pembangunan jamban yang jumlahnya mencapai 250 unit. Untuk itu kami memberikan apresiasi kepada Dandim yang sudah melaksanakan program jambanisasi,” kata Pangdam.

Pada akhirnya diharapkan program pembangunan jamban ini bisa meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sendiri. Kegiatan ini pula adalah bentuk dari menyokong program 1 juta jamban keluarga yang mengacu pada Peraturan Presiden No 185 Tahun 2014 tentang percepatan penyediaan air minum dan sanitasi. (SP)

.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *