Berita PilihanInternasional

YouTube Blokir Video Kartun Nabi Muhammad

azharJakarta – YouTube akhirnya mengabulkan permintaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memblokir tayangan video kartun Nabi Muhammad agar tak bisa lagi diakses dari Indonesia.

The content in question has been blocked from view on your country domain. Itu jawaban yang diberikan oleh tim YouTube setelah menerima laporan dari kami,” kata Azhar Hasyim, Direktur e-Business Ditjen Aplikasi Telematika Kementerian Kominfo, Jumat (26/6/2015).

Video kartun ini pertama kali diposting di YouTube pada 20 Juni 2015 lalu oleh Geert Wilders, pimpinan partai politik PVV asal Belanda. Sejauh ini, konten dengan judul ‘Video Mohammad Cartoons: English Subtitles’ tersebut telah ditonton sebanyak 91.477 kali.

Ihwal cerita, Geert Wilders dalam pidato politiknya di Den Haag sempat menyiarkan tayangan kartun itu di TV NPO1 (NOS) yang notabene merupakan televisi nasional Belanda. Siaran itu sempat dipotong oleh NOS, namun diprotes oleh Wilders.

Parlemen Belanda kabarnya menolak keras rencana Wilders untuk menayangkan video itu, namun Wilders tetap nekat untuk menayangkannya dengan dalih kebebasan berekspresi. Alhasil, beredarlah video tersebut di YouTube.

Selain Indonesia, YouTube juga telah mengabulkan permintaan negara lain seperti Turki yang juga meminta untuk memblokir tayangan tersebut. Video ini diminta untuk diblokir karena dikhawatirkan bisa memicu gerakan anarkis.

“Kami juga meminta pemblokiran demi mencegah efek lanjutan di Indonesia yang mayoritas muslim, apalagi sekarang sedang bulan Ramadan. Serangan di Texas pada hari Selasa lalu juga diklaim oleh ISIS karena terkait tayangan film serupa,” jelas Azhar.

Azhar bersama timnya di Kominfo juga telah diminta oleh Menkominfo Rudiantara untuk segera melakukan pemblokiran video ini begitu mendapat laporan dari tim IT & Cybercrime di Bareskrim Mabes Polri.

Sumber: detik.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *