Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

38 Warga Laporkan Bupati Nagan Raya ke Komnas HAM

Ilustrasi | Bupati Nagan Raya meninjau salah satu proyek pembangunan di Nagan Raya, Doc.naganrayakab.go.id

Ilustrasi | Bupati Nagan Raya meninjau salah satu proyek pembangunan di Nagan Raya, Doc.naganrayakab.go.id

Jakarta – Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mewakili 38 orang masyarakat Nagan Raya mengadukan Bupati Nagan Raya Drs HT Zulkarnaini ke Komnas HAM karena telah merampas tanah masyarakat untuk pembangun komplek perkantoran pusat pemerintahan Nagan Raya, Sabtu (27/6/2015).

Safarruddin selaku kuasa hokum mengatakan, bahwa Bupati Nagan Raya sudah berulang kali menyurati masyarakat pemilik lahan disertai undangan resmi untuk mengambil uang kompensasi atas tanah tersebut, tetapi masyarakat menolak karena harga yang di berikan sejumlah Rp.600,-/Meter.

“Harga tersebut di tetapkan sepihak dan terkesan dipaksa oleh Pemkab Nagan Raya tanpa musyawarah dengan pemilik lahan,” jelasnya.

Katanya lagi, pihaknya sudah menyurati Presiden untuk mengadukan hal ini, tapi sampai sekarang belum ada tanggapan, karena itu kami mengadukan pelanggaran terhadap hak kami ke Komnas HAM.

Di kantor Komnas HAM RI di Jakarta, kata Safaruddin, berkas laporan dugaan pelanggaran HAM diterima oleh staf bagian pengaduan Komnas HAM, Putu Sri, dengan nomor agenda 102.275 tanggal 25 Juni 2015.‎ (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *