Rampoe

Shalawat Para Malaikat Bagi Orang Berpuasa

waktu-imsyakiah-490x282

AtjehLINK – Puasa adalah kewajiban bagi seluruh umat Muslim dimana pun, kita diperintahkan untuk menahan lapar dan haus dari terbit hingga terbenamnya matahari. Bukan hanya menahan lapar dan haus saja, kita dituntut untuk menahan hawa nafsu. Banyak sekali godaan saat kita berpuasa, salah satunya banyak disekitar kita sedang makan, sedangkan kita tengah berpuasa. Namun sesungguhnya para Malaikat akan mendoakan kita.

Di antara orang-orang yang berbahagia dengan shalawat para malaikat kepadanya adalah orang yang berpuasa dan rumahnya dijadikan tempat makan. Di antara dalil yang menunjukan hal tersebut adalah hadits yang diriwayatkan oleh dua Imam, yaitu Imam Ahmad dan Ibnu Majah dari Umarah r.a, bahwa Rasulullah masuk ke dalam rumahnya. Ia berkata, “Dan orang-orang dari kaumnya datang ke rumahnya”.

Perawi berkata, “lalu ia menyuguhkan kurma untuk mereka, dan mereka pun memakannya, dan seseorang dari mereka menyendiri, lalu Rasulullah bertanya kepadanya, ‘bagaimana keadaanmu?’ Ia pun menjawab, ‘sesungguhnya aku sedang berpuasa.’ Rasulullah: ‘Tidaklah ada orang sedang berpuasa sedangkan orang lain makan padanya melainkan para Malaikatakan bershalawat kepadanya hingga mereka semua berdiri”.

Dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh para Imam, yaitu Imam Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Ibnu Hibban, disebutkan dari Ummu ‘Umarah binti Ka’b r.a, bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya para Malaikat bershalawat kepada seseorang yang berpuasa sedangkan orang-orang memakan makanannya hingga mereka semua pergi”.

Syaikh Ahmad ‘Abdurahman al-Banna ketika menjelaskan sabda Rasulullah “Para Malaikat bershalawat kepada mereka,” ia berkata, “Para Malaikat memohon ampunan untuknya karena kesabarannya menahan lapar, terutama jika keinginan jiwanya sangat besar, dan ia dengan kuat menahannya”.

Semoga dengan karunia Allah, kita semua dimasukkan ke dalam golongan mereka yang bertakwa aamiin.

(Sumber:Islampos.com)

Tagspuasa

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *