Berita PilihanInternasional

Pro-Kontra Penggunaan Media Sosial di Saudi Saat Bulan Ramadhan

Ilustrasi

Ilustrasi

Arab Saudi – Ramadhan di Arab Saudi tahun ini tampak sedikit berbeda, sebab sebelum shalat Maghrib, kini banyak orang Saudi yang menggunakan aplikasi media sosial seperti Snapchat untuk berbagi gambar piring dan pesan dengan keluarga dan teman-teman untuk menunjukan ekspresi mereka ketika berbuka puasa. Demikian dilansir dalam Arab News pada Ahad (28/06/15).

Namun, baru-baru ini hal itu mendapat kritikan tajam dari Eman Al-Hariri, Hariri menentang aplikasi tersebut karena menurutnya dapat menganggu orang-orang Saudi untuk melakukan amalan ibadah di bulan ramadhan.

“Itu membuat individu kehilangan kehormatan dan kedekatan imannya kepada Allah Swt, bahkan perasaan suka cita ketika makan dengan anggota keluarga pun berkurang,” tutur Hariri.

“Penggunaan aplikasi ini melanggar hak keintiman dan privasi keluarga,” tambahnya.

Berbeda dengan Hariri, Rahaf Alajlan tidak setuju dengan pendapat Hariri, bahkan ia menyatakan dukungannya terhadap penggunaan aplikasi itu.

“Ini adalah aplikasi berbagi dimana orang dapat memberitahukan peristiwa yang terjadi dengan orang-orang yang dicintai,” kata Alajlan.

Sementara Atheer Alzahrani mengatakan beberapa orang “berlebihan” dengan menghabiskan waktu terlalu banyak pada ponsel mereka bukan berdoa kepada Tuhan. Namun, disisi lain aplikasi ini juga positif dalam beberapa hal, karena dapat memungkinkan orang untuk berbagi resep atau mempromosikan bisnis mereka lewat media sosial.

Nemir Alhasoon, pelopor dalam bidang media baru, mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki pengaruh pada pengikut mereka harus memposting foto-foto yang bermanfaat bagi segala usia daripada menulis tentang fatwa atau isu-isu agama yang rumit.

“Tidak apa-apa untuk mengingatkan seseorang akan tugas agamanya dari waktu ke waktu, tapi satu hal harus berhati-hati dalam hal ini. Saya memulai inisiatif mengenai penggunaan aplikasi ini untuk mendistribusikan makanan berbuka puasa kepada orang yang membutuhkan dengan bantuan sebuah bank swasta, “katanya.

(Sumber:Islampos.com)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *