Internasional

Jaringan Organisasi Palestina: Gaza Alami Krisis Berat

Ilustrasi/ Sumber: Eramuslim.com

Ilustrasi/ Sumber: Eramuslim.com

Palestina – Jaringan organisasi non pemerintah Palestina dilaporkan telah memperingatkan bahaya situasi kemanusiaan di Jalur Gaza. Dalam laporannya, setahun agresi Israel ke Gaza, wilayah ini layak disebut mengalami krisis.

Ketua Jaringan organisasi Palestina, Khalil Abu Shamalah mengatakan bahwa situasi kemanusiaan di Gaza terus menurun drastis. Penurunan ini belum terjadi sebelumnya akibat dan imbas agresi Israel ke Jalur Gaza dan status blokade yang belum dicabut, PIC melaporkan pada Selasa (30/6/2015).

Blokade Israel yang berlangsung selama 8 tahun menjadi penyebab utama krisis-krisis di Jalur Gaza, terutama kemiskinan, pengangguran, dan ketidak amanan pangan yang amat mengkhawatirkan.

Abu Shamalah juga mengecam tersendatnya rekontruksi Jalur Gaza oleh PBB. Menurut Shalamah, mekanisme yang dibuat PBB dalam rekontruksi Jalur Gaza justru menjadi penghambat dan menekan bangsa Palestina dalam memasukkan bahan bangunan dan pengawasan yang memperdalam krisis kemanusiaan Jalur Gaza.

Jaringan Organisasi Palestina yang beranggotakan 133 organisasi ini meminta PBB dan dunia internasional bertanggungjawab secara hukum dan moral untuk mengakhiri derita Jalur Gaza.

(Sumber:Islampos.com)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *