Atjeh HijauBerita PilihanHeadline News

MaTA Minta Menteri LHK Evaluasi Pemerintah Aceh

Logo-Masyarakat-Transparansi-Aceh-MaTAJakarta –  Masyarakat Transparansi Aceh (MaTA)  menyurati secara langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar. Dalam surat nomor 075/B/MaTA/VI/2015, MaTA menyampaikan beberapa persoalan terkait kinerja Pemerintah Aceh, Selasa (30/6/2015).

Di Aceh, menurut MaTA, keterbukaan informasi publik sektor tata kehutanan sudah mulai di implementasikan akan tetapi perlu pendampingan lanjutan untuk memaksimalkan penerapannya.

MaTA juga menyampaikan bahwa hingga saat ini Pemerintah Aceh belum pernah melakukan review izin terhadap semua perusahaan yang mengunakan kawasan hutan.

“Oleh karena itu, penting bagi kementerian untuk segera mendesak Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota segera melakukan hal ini,” tulis MaTA dalam surat yang diberikan saat pertemuan elemen sipil indonesia dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Indonesia pada Kamis (25/6/2015).

Selain dua hal tersebut, MaTA meminta kepada kepada Kementrian untuk melakukan evaluasi terhadap pemerintah Aceh terkait ada atau tidaknya pengawasan terhadap perusahaan yang beroperasi di Aceh. Itu juga untuk memastikan perusahaan tersebut menjalankan kewajibannya kepada daerah dan juga masyarakat sekitar.

Disamping itu, MaTA juga meminta kepada Menteri untuk melakukan pengawasan terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota agar tidak terjadi tumpang tindih dengan aturan diatasnya.”Terlebih regulasi-regulasi yang dapat memunculkan ruang-ruang korupsi baru,” begitu tulis MaTA.

Terkait dengan tindak lanjut pertemuan dan penyampaikan surat ini, MaTA sendiri akan melakukan koordinasi secara khusus dengan kementerian LHK untuk menyampaikan temuan-temuan dan fakta-fakta lapangan lainnya per 3 bulan sekali. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *