Berita PilihanInternasional

Iklan Dukacita Tersingkat Ini Punya Makna Sangat Dalam

Iklan duka cita yang mungkin terpendek di dunia/ NYDAILYNEWS

Iklan duka cita yang mungkin terpendek di dunia/ NYDAILYNEWS

Amerika Serikat – Apa lagi yang bisa dilakukan anak yang ditinggal mati orangtua selain melaksanakan wasiat dari sang almarhum?. Itulah yang dipikirkan Janet Stoll, seorang warga Dakota, Amerika Serikat, ketika ayah yang dicintainya meninggal dunia pada 27 Juni 2015 silam.

Ia melaksanakan wasiat sang ayahanda, meski wasiat itu terbilang aneh, yakni membuat iklan dukacita tersingkat di dunia. Ya, menurut Janet, ayahnya, Douglas Legler, memang memberikannya wasiat itu.

“Ia mengucapkannya berkali-kali. Ketika aku meninggal, aku ingin iklan dukacitaku hanya bertuliskan ‘Doug meninggal’,” kata Janet.

Jadilah Janet membuat iklan itu di The Forum, koran lokal di North Dakota, pada Rabu (1/7/2015) lalu.

Iklan itu sangat sederhana. Setelah foto Douglas, ada nama Douglas Legler, dan setelah itu ada tulisan yang jika diterjemahkan berbunyi “Doug meninggal”.

Menurut Janet, ayahnya memberikan pesan bijak dari wasiat itu. Ia ingin agar manusia belajar untuk lebih membumi.

Tidak sepantasnya mereka masih saja membawa-bawa jabatan dan gelar duniawi ketika sudah bercampur dengan tanah.

“Iklan dukacita orang-orang selalu, ‘Dia adalah presiden dari perusahaan A, atau direktur dari perusahaan B’. Ayah berkata, ‘Mengapa kalian tak juga bisa meninggalkan pekerjaan dan gelar meski sudah mati?’,” kata Janet mengingat pesan ayahnya, yang meninggal pada usia 85 tahun.

Bukan sekali ini saja ada iklan dukacita dengan kata-kata aneh dan singkat. Pada 2014, koran lokal di Dakota juga pernah menayangkan iklan dukacita dari pria bernama Stig Kernell dengan tulisan “aku mati”.

 (Sumber: Kompas.com)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *