Berita PilihanRampoe

5 Perbedaan Mendasar Celana “Jeans” Mahal dan Murah

JeansAtjehLINK – Celana jeans merupakan salah satu busana yang paling sering dikenakan dan digemari oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain mengedepankan kenyamanan dan ketahanan, celana jeans pun dapat dikenakan saat menghadiri berbagai kesempatan. Anda bisa mengenakan celana jeans dalam kesempatan yang cenderung kasual, semi formal, hingga formal.

Sebagian orang paham betul bahwa hampir seluruh celana jeansmemiliki karakteristik yang sama, seperti berbahan denim denganzipper, kancing, dikenakan dengan tali pinggang, dan lima saku, termasuk sebuah saku kecil pada bagian depan untuk menyimpan koin. Namun, desain celana jeans dapat beragam sesuai potongan, ukuran, dan sentuhan terakhir maupun aksesori tambahan.

Namun, ternyata celana jeans lebih rumit ketimbang yang terlihat. Celana jeans tidak dapat dibuat layaknya busana bahan katun lemas dengan menggunakan mesin jahit biasa atau di rumah.

Celana jeans dibuat oleh banyak tangan dan tahapan sebelum akhirnya dapat Anda beli dan kenakan. Celana jeans adalah salah satu produk industri pakaian yang melibatkan banyak perencanaan dan elemen produksi sebelum akhirnya sampai ke tangan konsumen.

“Celana jeans tidak dibuat dengan mesin, namun dibuat oleh manusia. Apabila melangkah mundur dan melihat industri secara keseluruhan, bagaimana banyak tangan yang membuat celana jeans, mulai dari fabrikasi, penjahitan, trimming, pengepresan, hingga pencucian, sangat luar biasa,” ujar Amie Gaines, Kepala Perancang Busana di Level 99.

Setidaknya lima hal berikut dapat membedakan mana celana jeans mahal dan murah.

  1. Jenis bahan yang digunakan
    Jenis bahan katun yang digunakan, apakah katun premium yang merupakan bahan katun pilihan atau sintetis campuran baik yang organik ataupun tidak.
  1. Kualitas manufaktur
    Artinya, apakah para pekerja bekerja di lingkungan yang aman dengan upah yang sesuai dan perlindungan ketenagakerjaan atau tidak.
  2. Kualitas bahan denim
    Bagaimana kualitas bahan denim setelah menerima berbagai “perlakuan,” misalnya setelah berkali-kali dikenakan dan dicuci akan tetap pada warna dan ukuran semula atau malah memudar, luntur dan mengecil.
  3. Detail yang diaplikasikan
    Kualitas bahan baku seperti kualitas garmen, benang, zipper, maupun kancing.
  4. Ramah lingkungan
    Kepedulian terhadap penyelamatan lingkungan, seperti penggunaan bahan maupun zat pewarna yang dipakai apakah aman bagi lingkungan sekitar. Perlu dipikirkan juga apakah berpotensi menyebabkan pencemaran atau tidak.

Dari lima perbedaan ini, tentu Anda sudah dapat membedakan celanajeans yang harganya mahal dan murah. Dengan demikian ketika mengenakan celana jeans, Anda tidak hanya memperoleh kualitas, namun Anda juga turut menyelamatkan lingkungan serta memperhatikan kesejahteraan para pekerja dibalik pembuatan sebuah celana jeans yang nyaman untuk Anda.

Sumber: KOMPAS.com

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *