Gempa Aceh BesarBanda  Aceh – Jelang beraktivitas, sebahagian besar masyarakat yang berada di sekitar Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar dikejutkan dengan Gempa berkekuatan 5,2 SR.

Data dari website resmi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geifisika (BMKG) menyebutkan, gempa yang terjadi pada pukul 07:38:54 WIB ini berada di 119 Km Barat Daya Kabupaten Aceh Besar, tepatnya 4.88 LU-94,58 BT, dengan kedalaman 20 KM.

BMKG juga menjelaskan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Namun, karena magnitude (kekuatan gempa bumi-red) tergolong kecil, maka tidak semua masyarakaat dapat merasakan gempa tersebut, terutama masyarakat yang sedang berkendara di jalan raya.

sementara itu di media sosial seperti Facebook, Twitter dan BBM, banyak masyarakat Aceh yang mengunggahstatus tentang pemberitahuan gempa tersebut.

Sebagaimana diketahui, Aceh merupakan daerah yang berada dikawasan sejumlah patahan besar, karenanya gempa sering terjadi di kawasan paling barat sumatera ini. Namun karena magnitudenya yang rendah, seringkali masyarakat tidak merasakan getaran gempa tersebut. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *