Berita PilihanEkonomiRampoeSigom Atjeh

Petugas Kebersihan Terima Zakat Dari Baitul Mal Kota Banda Aceh

Wakil Walikota Banda Aceh saat menyerahkan zakat kepada petugas kebersihan

Wakil Walikota Banda Aceh saat menyerahkan zakat kepada petugas kebersihan

Banda Aceh – Sebanyak 615 petugas kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DKKK) dan Dinas Pekerjaan Umum Kota Banda Aceh menerima zakat dari Baitul Mal Kota Banda Aceh. Zakat senif (golongan) miskin ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Banda Aceh, Drs H Zainal Arifin, Selasa (7/7/2015) di kantor DKKK, Jalan Pocut Baren, Banda Aceh.

Usai menyerahkan zakat, Zainal Arifin menyampaikan apresiasinya kepada Baitul Mal Kota Banda Aceh yang telah menyalurkan zakatnya untuk pahlawan kebersihan tersebut.

Wakil Walikota yang akrab disapa Keuchik Zainal mengatakan Banda Aceh saat ini dikenal bersih dan nyaman. Terbukti dengan penghargaan Adipura yang diraih Banda Aceh sejak tahun 2009 hingga tahun 2014.

“Prestasi ini tidak terlepas dari kerja keras petugas kebersihan setiap harinya. Apresiasi layak kita berikan kepada mereka,” ujar Keuchik Zainal.

Menurutnya jasa para petugas kebersihan tidak dapat diukur dengan materi, namun seiring meningkatnya penerimaan zakat yang dikumpulkan Baitul Mal, Pemko Banda Aceh dapat berbagi dengan 615 petugas kebersihan tersebut.

“Meski jumlahnya tidak terlalu besar, zakat ini kita harap dapat membantu kebutuhan sehari-hari terutama dalam memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan dan kebutuhan jelang Hari Raya,” kata Wakil Walikota.

Sesuai data dari Baitul Mal, zakat yang diterima setiap petugas kebersihan yakni sebesar Rp600 ribu.

“Untuk pasukan orange dari DKKK kita berikan 563 orang, dan 52 orang untuk pasukan sedimen dari Dinas PU,” kata Kepala Baitul Mal Kota Banda Aceh, Safwani Zainun, S.Pd.I.

Jumlah total zakat yang diserahkan untuk 615 pekerja kebersihan ini mencapai Rp369 juta.  “Zakat ini merupakan zakat yang terkumpul tahun 2015 ini. Alhamdulillah jumlah zakat yang terkumpul tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya,” tambah Safwani. (Sp)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *