Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Mengaku Punya Saudara di Malaysia, 10 Pengungsi Rohingya Kabur

Daftar sebagian nama peungungsi Rohingya yang kabur dari penampungan di Gampong Bayeun Kede, (9/7/2015)/ Foto: Ist

Daftar sebagian nama peungungsi Rohingya yang kabur dari penampungan di Gampong Bayeun Kede, (9/7/2015)/ Foto: Ist

Aceh Timur – Sepuluh pengungsi Rohingya  dan Bangladesh di penampungan Gampong Bayeun Kede Kecamatan Selamat Aceh Timur dilaporkan kabur dari saat petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan warga sedang melaksanakan Tarawih

Dari informasi warga, sepuluh pengungsi mayoritas kaum hawa tersebut kabur pada Kamis (9/7/2015)  sekira pukul 22: 00 WIB dengan cara menyeberangi sungai di belakang pengungsian. Tiga diantaranya berhasil ditangkap kembali oleh Satpol PP yang berjaga di lokasi pengungsian.

Berat dugaan kaburnya sepuluh pengungsi memang telah direncanakan. Lalu difasilitasi oleh agen Imigran gelap untuk dipekerjakan di negeri jiran Malaisya.Hal itu terungkap saat Satpol PP memeriksa tiga imigran yang berhasil di tangkap kembali.

Dari pernyataan imigran tersebut kaburnya mereka berawal saat salah satu warga etnis Rohingya yang bisa berbahasa indonesia yakni  Formina menyampaikan ke warga lainnya bahwa dia  mempunyai seorang ayah angkat yang sudah lama tinggal di Indonesia. Ia ingin menjemputnya karena sebelumnya Ayah dari Formina sudah pernah menjemputnya, namun tidak di beri ijin oleh petugas keamanan di tempat pengungsian. Itu penyebab timbul niat untuk melarikan diri Formina.

Warga Rohingya Rumida (15) yang kabur diketahui mempunyai saudara di Malaysia.  Atas dasar peluang tersebut kesepuluh imigran yang kabur tersebut berencana ingin ikut Rumida ke Malaysia.

Setelah kejadian tersebut petugas Satpol PP memperketat penjagaan dan menambah personil. Sementara tujuh pengungsi  yang berhasil kabur sedang dalam pengejaran polisi. (Mus)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *