Berita PilihanSigom Atjeh

Alasan Keamanan, Pemkab Aceh Tengah Kembali Larang Takbir Keliling Kota

takbir-keliling_20150701_090055

Ilustrasi/www.beritaenam.com

Aceh Tengah – Dengan alasan menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat malam Idul Fitri 1436 Hijriah Kabupaten Aceh Tengah kembali meniadakan takbir keliling malam menyambut lebaran. Keputusan ini sesuai surat nomor 451/960/PHBI tertanggal 11 Juli 2015.

Ditemui diruang kerjanya, Rabu (15/7/2015), Wakil Bupati Aceh Tengah Drs. H. Khairul Asmara selaku yang menandatangani surat edaran tersebut mengatakan, surat sudah dikirim ke semua Camat dalam jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami tegaskan Camat dan jajaran Pemerintah Gampung untuk saling berkoordinasi dengan Muspika masing-masing dan meneruskan informasi kepada masyarakat,” kata Khairul.

Dalam surat tersebut ditegaskan bahwa tidak adanya takbir keliling di Aceh Tengah adalah upaya untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan masyarakat. Dan keptusan tersebut diambil didasari kesepakatan berbagai pihak dalam rapat PHBI Aceh Tengah pada 29 Juni 2015 lalu.

Ia menambahkan, untuk memeriahkan lebaran pelaksanaan takbir menyambut Idul Fitri tetap dilakukan di rumah ibadah masing-masing Gampong.

“Seperti tahun kemarin, Takbir keliling tahun ini juga ditiadakan, namun sebagai wujud Syiar Islam takbir tetap dilakukan di mesjid-mesjid, Mushala maupun Surau-surau,” kata Khairul

Bahkan jika warga tetap bersikeras melaksanakan takbir keliling, Khairul menyarankan untuk tidak melaksanakannya di jalan raya, namun dapat dilakukan di seputaran Gampung masing-masing dengan berjalan kaki seperti yang pernah dilakukan dimasa lampau. (MK)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *