Berita PilihanSigom Atjeh

Telat Salurkan Zakat Profesi PNS, Bupati Abdya Minta Maaf

Bupati Aceh Barat Daya Jufri Hasanuddin menyerahkan zakat di pendopo Bupati, Rabu (15/7/2015)/ Foto:Ist

Bupati Aceh Barat Daya Jufri Hasanuddin menyerahkan zakat di pendopo Bupati, Rabu (15/7/2015)/ Foto:Ist

Aceh Barat Daya – Jelang akhir Ramadhan Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Jufri Hasanuddin menyerahkan secara simbolis zakat kepada fakir, miskin, mualaf, petugas parkir dan petugas kebersihan di Pendopo Bupati Aceh Barat Daya.

Zakat yang dibagikan kemarin, Rabu (15/7/2015) merupakan zakat profesi yang terkumpul pada 2013 yang lalu dan baru disalurkan pada tahun 2015. Secara resmi Bupati meminta maaf atas keterlambatan penyaluran zakat tersebut.

Kepala Baitul Mal Aceh Barat Daya Muslizar MT. Sp mengatakan, keterlambatan penyaluran zakat ini bukanlah disengaja, tetapi dikarenakan kondisi dari Baitul Mal itu sendiri.

“Semenjak kami dilantik tahun 2013 yang lalu kami terus melakukan berbagai perbaikan dan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan,” ujar Muslizar

Muslizar menambahkan Baitul Mal terus bekerja secara maksimal agar penyaluran zakat ini bisa terlaksana di tahun 2015, dan Alhamdulillah berkat dukungan pemerintah Aceh Barat Daya pada akhir Ramadhan ini zakat dapat tersalurkan kepada pihak yang berhak menerimanya.

Sementara itu Bupati Aceh Barat Daya Ir. Jufri Hasanuddin, MM dalam sambutannya membenarkan bahwa apa yang disampaikan oleh kepala Baitul Mal Abdya tentang tersendatnya penyaluran zakat sejak tahun 2013 lalu.

Jufri meyakini jika Baitul Mal mau bekerja keras maka penyaluran zakat untuk tahap-tahap berikutnya akan berjalan dengan lancar seperti harapan kita semua,” harap Jufri

Selain karena perintah Allah SWT, zakat adalah simbol dari sistem ekonomi yang kuat dan penyambung silaturrahim.

“Jika umat Islam mempunyai kesadaran yang tinggi terhadap kewajiban zakat, maka tidak ada muslim yang hidup dalam kemiskinan,” tambah Jufri

Dilihat dari jumlahnya, kata Jufri, zakat yang diserahkan memang tidak besar, tetapi ini bentuk kepedulian pemerintah dan juga PNS Abdya terhadap nasib saudara-saudaranya yang kurang mampu.

Hadir pada penyerahan zakat tersebut, Ketua DPRK Abdya Zulkifli Isa, Kapolres Abdya, AKBP Hairajadi, SH, Ketua MPD Abdya, Abdal Jihad, S.Ag, Ketua MAA, Sulaiman Hasyem, Para Kepala SKPK dan tamu Undangan lainnya. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *