Berita PilihanHeadline NewsNasional

Jokowi Lepas Takbir Akbar Idul Fitri 1436 H, di Aceh

Ribuan Masyarakat Padati Jalan Protokol
Jokowi-Takbir Akbar

Poto: www.tokohindonesia.com

Banda Aceh – Ribuan masyarakat tumpah ruah di pintu gerbang utama Masjid Raya Baiturrahman, untuk menyaksikan Presiden Joko Widodo melepas peserta Pawai Takbir Akbar menyambut Hari Raya Idul Fitri 1436 H, (Kamis, 16/7/2015).

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo dan Istri, Iriana Joko Widodo beserta keluarga akan merayakan Idul Fitri 1436 H di Bumi Serambui Mekah. Hanya Gibran Rakabuming Raka yang tidak ikut rombongan Presiden. Kaesang Pangarep dan Kahiyang Ayu terlihat mendampingi orangtua mereka selama berkegiatan di Aceh.

Usai melaksanakan Shalat Isya berjama’ah di Masjid Raya Baiturrahman, Presiden didampingi Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, Paduka Yang Mulia (PYM) Wali Nanggroe, MalikMahmud Al-Haytar dan seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkorpimda) menuju panggung utama untuk melepas peserta Takbir Akbar.

“Assalamu’alaikum,” ucap Presiden, sesaat setelah tiba di atas panggung utama, sambil melambaikan tangan ke arah ribuan masyarakat yang telah menunggu kehadiran Jokowi didepan panggung utama.

“Dengan ini, Pawai Takbir Akbar dalam rangka menyongsong perayaan Idul Fitri 1436 H, resmi saya nyatakan dibuka,” ujar Jokowi.

Selanjutnya, didampingi Wali Nanggroe, Gubernur, dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja, Presiden menabuh bedug tanda dimulainya Pawai Takbir Akbar Idul Fitri 1436 H.

Usai dibuka, parade pawai obor dan mobil hias yang merupakan perwakilan dari Remaja Masjid se-banda Aceh dan Aceh Besar langsung bergerak melintasi panggung utama.

Kunjungi Situs PLTD Apung dan TMP

Besok, (Jum’at, 17/7) Presiden dan rombongan dijadwalkan akan melaksanakan Shalat Ied, di Masjid Raya Baiturrahman, selanjutnya Presiden juga akan mengunjungi Situs Tsunami PLTD Apung. Rombongan juga direncanakan akan berziarah ke Taman Makam Pahlawan.

Kunjungan Jokowi akan berakhir di Masjid Al-Makmur, Lampriet. Usai melaksanakan Shalat Jum’at di Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Oman itu, Presiden dan keluarga akan bertolak ke Solo untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar mantan Wali Kota Solo itu.

Sejumlah tokoh terlihat menyesaki panggung utama, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Fery Mursyidan Baldan.

Seluruh unsur Forkorpimda jugaterlihat lengkap, Pangdam Iskandar Muda, Mayjen TNI, Agus Kriswanto, Kapolda Aceh, Irjen Pol Hussein Hamidi, Wakil Ketua DPRA, H Sulaiman Abda, Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa’aduddin Damal dan sejumlah Kepala SKPA serta Kepala Biro dijajaran Setda Aceh. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *