Berita PilihanSigom Atjeh

IKAT Minta Polisi Usut Tuntas Pembakaran Mushalla di Papua

Ilustrasi kebakaran/Shutterstock

Ilustrasi kebakaran/Shutterstock

Banda Aceh – Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh mengutuk keras dan meminta Polisi mengusut tuntas kelompok penyerang yang melempar jamaah shalat ied dan membakar mushalla serta puluhan kios dan rumah milik ummat Islam di Tolikara, Papua pada Jum,at (17/7/2015).

Dalam siaran pers yang diterima Sabtu (18/7/2015), kejadian tersebut ditakutkan merusak toleransi dan kerukunan beragama. Bahkan lebih tragis bisa mengakibatkan konflik yang lebih luas yang berujung pada tengganggu keamanan dan stabilitas nasional.

Karena itu, IKAT meminta kepada pihak kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian tersebut serta serius menyelesaikan persoalan ini. Karena jika tidak, penghinaan terhadap nilai-nilai agama ini dikhawatirkan akan meluas ke daerah lain di nusantara.

Selanjutnya, IKAT juga mengharap kepada para tokoh lintas agama agar mengedepankan kerukunan dan toleransi beragama yang selama ini telah terjalin dengan baik. Dan kepada setiap pemuka agama agar dapat menjaga dan memberi pengertian kepada ummatnya untuk menahan diri dari tindakan yang akan merugikan diri sendiri dan pihak lain.

Kepada semua pihak, IKAT meminta untuk mengawasi dan mewaspadai pihak tertentu yang mencoba memprovokasi untuk melakukan tindakan-tindakan anarkis, terutama pihak-pihak yang menjadikan sentimen agama sebagai komoditas politik. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *