Berita PilihanSigom Atjeh

Amankan Gereja, Kodim 0105 Aceh Barat Siagakan Prajurit 1 SST

Apel Siaga prajurit TNI Kodim 0105/ Aceh Barat. Foto: Humas Kodam IM

Apel Siaga prajurit TNI Kodim 0105/ Aceh Barat. Foto: Humas Kodam IM

Aceh Barat – Personel Jajaran Kodim 0105/ Aceh Barat menggelar apel kesiapsiaagaan di halaman Makodim setempat, Jumat (24/07/15). Apel pasukan dipimpin oleh Plh Perwira seksi Operasi Kodim 0105/Aceh Barat Kapten Inf Suryono Efendi.

Pelaksanaan apel kesiapsiagaan ini adalah perintah dari Komandan Korem 012/TU, Kolonel Arh Ruruh  A Setyawibawa SE. MM. Apel siaga ini untuk menindaklanjuti perkembangan situasi yang mungkin terjadi di wilayah Korem 012/Teuku Umar, khusunya wilayah Kodim 0105/Aceh Barat.

Menurut Kapten Inf Suryono Efendi,   pasca insiden Tolikara, Papua, Kodim 0105/Aceh Barat menyiagakan pasukan sejumlah satu Satuan Setingkat Peleton (SST).

Ia menjelaskan, penyiapkan  satu SST personil TNI itu guna memperkuat pasukan Polri dalam rangka memonitor perkembangan situasi yang mungkin terjadi, terhadap buntut dari pembakaran Masjid di Tolikara, Papua terhadap tempat-tempat ibadah non-muslim di seluruh Aceh Barat.

Kata dia, objek yang menjadi monitoring Kodim 0105/Aceh Barat adalah Gereja Methodis Indonesia (GMI) yang berada di Desa ujoeng Kalak, Gereja Methodis Injil Indonesia (GMII), Gereja Khatolik di Desa Ujoeng Baroeh dan Vihara yang berada  di jalan Jendreal Sudirman Desa Blang Pulo, Meulaboh. Keseluruhan Gereja tersebut berada dalam wilayah Koramil 07/Johan Pahlawan.

Pasukan yang disiagakan ditempatkan di dua titik berbeda, yaitu 2 SSR berada di Makodim 0105/Aceh Barat dan 1 SSR di Koramil 07/Johan Pahlawan, Meulaboh, mengingat Koramil tersebut markas TNI terdekat untuk menuju objek sasaran. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *