Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Pangdam IM: Insiden Tolikora Tidak akan Terjadi di Aceh

Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto berdialog dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Dalimi SE Anggota DPRA dalam acara Silarurrahmi antar umat beragama, Kamis (23/7/2015)/ Foto: Ist

Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto berdialog dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Dalimi SE Anggota DPRA dalam acara Silarurrahmi antar umat beragama, Kamis (23/7/2015)/ Foto: Ist

Banda Aceh – Sikapi insiden di Tolikara, Papua, Pangdam IM Mayjen TNI Agus Kriswanto gelar silaturahmi dengan forum umat beragama se-Provinsi Aceh bertempat di Balai Teuku Umar (BTU) Kodam Iskandar Muda, Kamis (23/07/2015).

Menurut Pangdam kejadian tersebut tidak perlu terjadi dan tidak akan terjadi di wilayah Aceh jika toleransi antar umat beragama ditingkatkan.

“Toleransi antar umat beragama dan budaya harus kita tingkatkan, serta senantiasa menjadi perhatian kita semua. Sikap sosial tersebut menjadi perekat  terbentuk integritas bangsa,” sambung Pangdam.

Lanjut Pangdam, insiden Tolikara merupakan peristiwa yang patut disesali dan tidak perlu terulang,  karena Negara Indonesia berdiri di atas ragam suku, adat istiadat, bahasa dan agama, yang kesemuanya itu diikat oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika. tegasnya.

Dalam kesempatan itu Pangdam juga mengajak seluruh Toga, Toda dan Tomas untuk menjaga kondusifitas situasi keamanan di wilayah Aceh, yang selama ini telah terjaga dengan baik karena tidak ada satupun agama di dunia ini yang mengajarkan kepada umatnya untuk menumbuhkan sikap saling bermusuhan satu sama lain.

“Tetap jaga komunikasi dan utamakan bermusyawarah untuk jaga toleransi kehidupan beragama, maka bangsa akan tetap bertahan dan kuat” tegas Pangdam.

Pangdam Berharap, dukungan dan partisipasi semua pihak membantu instansi keamanan untuk tetap menjaga kondisi keamanan serta ketertiban ling­kungan di Provinsi Aceh. Ia juga meminta tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda untuk sama-sama menjaga stabilitas keamanan di Aceh.

Acara silaturahmi tersebut dihadiri Gubernur, Kapolda, Kajati, Ketua DPRA, Wali Nanggroe Aceh, Kasdam IM, Irdam, Para Pa Ahli, Para Asisten, LO AL, LO AU Para Kabalak, Kepala Badan Kesbangpol, Linmas Provinsi Aceh, Ketua FKUB, FKDM, FKPT, FPK Dan Ormas Kepemudaan Provinsi Aceh dan unsur lain. (SP)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *