Hidup Sehat

Kurang Tidur Sebabkan Kurang Kontrol Diri

ilustrasi

ilustrasi

Agenda dan pekerjaan yang menyita waktu serta stamina terkadang membuat seseorang merasa keletihan sehingga membutuhkan banyak istirahan. Namun, sayangnya, tubuh yang terlalu letih justru lebih sulit untuk terlelap. Kondisi inilah yang menyebabkan angka penderita insomnia terus meningkat dari waktu ke waktu.

Sebenarnya, fungsi dari tidur malam yang berkualitas tidak sekadar untuk mengembalikan stamina dan energi, tapi juga efektif dalam membangun kontrol atau kendali diri yang baik. Sebuah studi menunjukkan bahwa kurang tidur merupakan refleksi dari kontrol diri yang buruk. Selain itu, studi juga mengatakan, insomia merupakan efek samping dari kebiasaan seseorang yang tidak mampu menyeimbangkan antara aktivitas dan istirahat.

“Kontrol diri berdampak pada kemampuan mengambil keputusan. Saat Anda berhadapan dengan masalah yang kompleks, salah satu cara mengatasinya adalah kepiawaian dalam mengontrol emosi,” papar June Pilcher dari Clemson University di Amerika Serikat.

Energi yang stabil, kata Pilcher, datang dari pola tidur yang baik yang berpengaruh pada kemampuan Anda dalam membentengi diri agar tidak terlibat masalah dalam hidup. Pilcher menambahkan bahwa buruknya kualitas tidur juga dipengaruhi oleh pikiran. Mereka yang memiliki kebiasaan berjudi, ketergantungan narkoba, dan belanja impulsif bisa berdampak pada kualitas tidur.

Pada sebuah artikel dalam jurnal Obesity di tahun 2013 silam, menuturkan bahwa kurang tidur tidak hanya berpengaruh pada kontrol diri, tapi juga merusak diet dan membuat berat badan terus bertambah. (kompas.com)

Tagssehat

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *