Berita PilihanOlahraga

Pebalap Binaan AHM Siap Ikuti Suzuka 8-Hour Endurance Road Race

Honda-Pembalap

Pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Dimas Ekky Pratama (kiri) siap bertanding dalam ajang balap Internasional Suzuka 8-Hour Endurance Road Race di sirkuit Suzuka, Jepang, 26 Juli 2015. Di bawah tim Satu HATI Honda Team Asia, Dimas akan berlaga bersama dengan rekan satu timnya pebalap dari Malaysia, Azlan Shah Kamaruzaman (tengah) dan Thailand, Ratthapong Wilairot (kanan). AtjehLINK|Arunda

Jakarta – Pebalap muda binaan PT Astra Honda Motor (AHM) Dimas Ekky Pratama siap bertanding dalam ajang balap internasional Suzuka 8-Hour Endurance Road Race setelah lolos seleksi dalam puncak ajang balap international ini. Pebalap Indonesia ini bertanding  di bawah naungan tim Satu Hati Honda Team Asia di sirkuit Suzuka, Jepang, 26 Juli 2015.

Suzuka 8-Hour Endurance Road Race merupakan salah satu ajang bergengsi balap ketahanan selama 8 jam di mana para pebalap saling menguji kompetensi, mental dan fisik untuk menjadi yang terbaik. Para pebalap dalam ajang ini menjalani sesi tes pra balap pada tanggal 8-9 Juli 2015 dan 14-15 Juli 2015.

Dalam sesi tes terakhir, Dimas Ekky Pratama mampu menembus perolehan waktu 2 menit 11.343 detik.  Pebalap berbakat ini juga telah menjalani serangkaian latihan yang digelar sejak awal Juli lalu dan terus menunjukkan kestabilan performa balap yang sangat dibutuhkan dalam uji ketahanan balap ini.

Di bawah tim Satu HATI Honda Team Asia, Dimas akan berlaga bersama dengan rekan satu timnya pebalap dari  Malaysia, Azlan Shah Kamaruzaman dan Thailand, Ratthapong Wilairot. Ketiganya mengendarai Honda CBR1000RR yang disiapkan langsung oleh Honda Motor Co. melalui dukungan teknis sepenuhnya dari Honda Racing Corporation (HRC).

Satu HATI Honda Team Asia berkompetisi dengan 84 tim balap internasional yang diperkuat para pebalap berprestasi tingkat dunia, termasuk juara dunia MotoGP dari Honda yakni Casey Stoner yang turut bertanding dalam ajang ketahanan balap ini.

Setiap tim balap terdiri dari dua atau tiga pebalap. Setiap pebalap akan melahap 24-26 putaran sekali turun bertanding dan terus bergantian memacu motor timnya selama 8 jam untuk menghasilkan catatan waktu terbaik.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A Indraputra mengatakan semangat Satu Hati menjadi landasan tim balap ini untuk bertarung sekuatnya mencapai mimpi untuk berprestasi di Suzuka 8-Hour Endurance Road Race.

Terpilihnya Dimas Ekky Pratama dalam ajang balap internasional ini secara tidak langsung menjadi salah satu bentuk pengakuan atas kompetensi pebalap binaan AHM ini,  sejajar dengan pebalap berprestasi negara lain.

“Suzuka 8-Hour Endurance Road Race merupakan ajang balap yang tepat untuk mengasah kompetensi pebalap binaan kami. Tak hanya bisa melatih fokus pada kecepatan, ajang balap ini menuntut konsistensi dan kestabilan performa karena para pebalap harus memacu motornya selama berjam-jam. Kami berharap tempaan fisik dan mental yang ini dapat semakin menguatkan performa balap Dimas,” ujar Indraputra.

Selain menurunkan pebalap di ajang balap ketahanan 8 jam, AHM juga menurunkan dua pebalap Honda Indonesia di ajang Suzuka 4-Hour Endurance Road Race, yaitu Aditya Pangestu dan Andi Farid Izdihar di bawah bendera Astra Honda Racing Team.

Pebalap putra Indonesia Andi Farid Izdihar menjadi pebalap termuda diantara para pebalap dari 72 tim yang terjun di Suzuka 4-Hour Endurance Road Race.  Sesi latihan dan tes pra balap telah dijalani pebalap jebolan Honda Racing School ini di sirkuit Suzuka, Jepang sejak awal Juli lalu untuk bertanding pada sesi balap Suzuka 4-Hour Endurance Road Race pada 25 Juli 2015.

Terpilihnya kedua pebalap berbakat ini membela nama Indonesia merupakan hasil pembinaan balap berjenjang yang disusun AHM sejak dini pada ajang balap nasional maupun ajang balap internasional lainnya.

“Pembinaan balap berjenjang dan terstruktur ini akan kami lanjutkan dengan harapan dapat mengantarkan pebalap Indonesia berprestasi di ajang MotoGP suatu saat nanti.  Ini merupakan salah satu upaya kami dalam menemani impian anak bangsa untuk mencapai prestasi yang membanggakan.”

Hasil Pembinaan Balap AHM

Sebagai bagian dari pembinaan balap AHM di ajang international, pebalap binaan AHM telah menunjukkan hasil gemilang.  Dalam balap CEV Spanish Championship kelas Moto 2 European Championship di sirkuit Catalunya, Spanyol pada Juni lalu Dimas Ekky semakin meningkatkan skill balapnya. Sebagai pebalap binaan AHM pertama yang menapaki karir balap di ajang ini, Dimas Ekky berada di posisi ke-10 di klasemen sementara bersaing dengan pebalap dunia lainnya.

Sementara itu di Asia Road Racing Championship (ARRC) di Suzuka yang berlangsung di awal bulan ini AHM menurunkan 3 pebalap di dua kelas yakni supersport 600 cc dan Asia Dream Cup.  Di kelas supersport 600 cc gelaran ke-3 mampu mencapai finish di posisi 4 saat race 1.

Bahkan, Astra Honda Team mampu berada di posisi ke-2 di putaran ke-3 ini. Di ARRC kelas Asia Dream Cup, 2 pebalap muda binaan AHM Yogha Dio Syachputra dan Muhamad Febriansyah juga terus menunjukkan perkembangan positif berada di posisi ketiga saat Endurance 2 Hours dari peserta di kelas ini.

Pebalap binaan AHM lainnya, Gerry Salim mampu finish di posisi 4 di ajang balap All Japan Championship yang digelar pada 28 Juni lalu di sirkuit Sugo, Jepang.  Pebalap muda binaan AHM lainnya Andi Izdihar finish di posisi 1 di race 2 dan langsung mengibarkan Merah Putih di podium di podium tertinggi Losail International Circuit  pada ajang Asia Talent Cup 29 Maret lalu. (Sp/Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *