AgamaBerita PilihanHeadline News

Proyek Perluasan Masjid Raya Baiturrahman, Dimulai

Perluasan MRBBanda Aceh – Gubernur Aceh, dr H Zaini Abdullah, membunyikan sirine tanda dimulainya proyek Proyek pembangunan dan pengembangan landscape serta infrastruktur Masjid Raya Baiturrahman, dimulai.

Groundbreaking Ceremony, (peletakan batu pertama–red) tanda dimulainya proyek pengembangan Masjid kebanggaan rakyat Aceh nan penuh sejarah itu ditargetkan tuntas pada Desember 2016 mendatang itu ditandai dengan pemasangan pondasi tiang pancang, (Selasa, 28/7/2015).

Total anggaran proyek ini mencapai Rp. 1,4 Triliun, kawasan kompleks Masjid Raya Baiturrahman nantinya akan menjadi pusat beragam aktivitas yang mendukung fungsi masjid sebagai sentral kegiatan umat Islam di Aceh.

Dalam sambutan singkatnya, Gubernur mengajak semua komponen rakyat Aceh agar mendukung pengembangkan kawasan Masjid Raya Baiturrahman sebagai pusat peradaban dan pengembangan Islam di zaman modern.

“Masjid ini nantinya tidak hanya berfungsi sebagai rumah ibadah, tapi juga menjadi pusat berbagai kegiatan Islam di Aceh dan nusantara. Insya Allah, Masjid Baiturrahman ini akan lebih indah, dan suasana beribadah di dalamnya juga semakin nyaman. Dengan semua fasilitas itu,  kita akan terus mendorong  Masjid Raya Baiturrahman sebagai simbol bagi penguatan ajaran Islam di tanah air,” ujar Zaini.

Menurut Gubernur, proyek pengembangan Masjid Raya akan dilakukan dalam dua tahap, yaitu jangka pendek dan jangkap panjang. Untuk jangka pendek, akan dilakukan pemasangan 12 Unit payung raksasa di pelataran masjid.

Payung raksasa ini seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Selain payung juga akan dibangun berbagai sarana pendukung lainnya seperti taman, rumah genset, pusat pengolahan air, drinking water system dan perbaikan beberapa interior bangunan.

“Juga akan dibangun lokasi parkir yang luas, sehingga semakin meningkatkan kenyamanan para pengunjung yang datang untuk berwisata religi. Khusus untuk payung elektrik, nanti akan ditambah 12 unit lagi, supaya lebih rapi teratur dan indah,” tambah Gubernur.

Sementara itu, untuk target jangka panjang  akan dilakukan perluasan kawasan masjid, yaitu pada bagian barat masjid akan dijadikan sebagai pusat pendidikan. Di lokasi tersebut akan dibangun Tempat Pengajian Al-Qur’an (TPA) dan sekolah yang fokus pada pendidikan agama Islam.

“Bagi anak-anak kami yang ingin belajar tentang Al-qur’an atau ingin menjadi hafiz, nantinya dapat belajar di pusat pendidikan itu. Guru-guru agama pasti kita pilih yang terbaik untuk menjadi guru di TPA dan sekolah itu,” terang Zaini Abdullah.

Sedangkan pada bagian selatan masjid akan jadikan sebagai pusat berbagai aktivitas Islam. Di lokasi itu akan dibangun guest house dan covention center.

“Bagi wisatawan yang ingin belajar tentang Islam atau ingin menikmati keindahan masjid dan Kota Banda Aceh, bisa menginap di guest house itu dan semua unit itu dikelola dengan sistem  manajemen islam,” terang Zaini.

Selanjutnya, untuk bagian timur masjid akan dijadikan sebagai media center. Di areal itu akan dibangun berbagai sarana penyiaran berita islami dan penyebarluasan informasi soal agama Islam.

Sebuah pusat perbelanjaan, juga akan dibangun di kawasan timur. Bangunan tersebut nantinya akan difungsikan sebagai pusat bisnis yang akan dikelola oleh pengurus Masjid Raya Baiturrahman. Sedangkan zona utama akan dibangun pusat percetakan dan galeri serta berbagai sarana untuk pameran.

“Nantinya bagian utara Masjid akan terhubung dengan Krueng Aceh, sehingga akan menambah keindahan dan keunikan masjid. Kita berharap, pembebasan lahan bisa diselesaikan secepatnya agar kegiatan pembangunan berlangsung tepat waktu,” pungkas Zaini Abdullah.

Turut mendampingi Gubernur Zaini antara lain, Kapolda Aceh Irjen (Pol) M Husien Hamidi, Wakil Ketua DPRA Dalimi, Kajati Aceh Tarmizi, Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal, Sekda Aceh Drs Dermawan, Ketua MAA Badruzzaman Ismail,  Wakil Rektor UIN, Perwakilan Kodam IM, Imam Besar Masjid Raya Baiturrahman dan jajaran SKPA terkait. (SP/Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *