Berita PilihanPolitikSigom Atjeh

‘Proxy War’ Sedang Terjadi di Indonesia

Kolonel Inf A Daniel Chardin dalam Penandatanganan Kesepakatan Peleburan FKPPI dan GM FKPPI menjadi keluarga Besar FKPPI di Aula Makoyonif 114/Satria Musara

Kolonel Inf A Daniel Chardin dalam Penandatanganan Kesepakatan Peleburan FKPPI dan GM FKPPI menjadi keluarga Besar FKPPI di Aula Makoyonif 114/Satria Musara

Bener Meriah – ‘Proxy War’ sedang terjadi di Indonesia, peran pemuda penting untuk membentengi perang yang memanfaatkan unsur bangsa untuk menghancurkan Indonesia, begitu kata Komandan Korem 011/Lilawangsa, Kolonel Inf A Daniel Chardin dalam Penandatanganan Kesepakatan Peleburan FKPPI dan GM FKPPI menjadi keluarga Besar FKPPI di Aula Makoyonif 114/Satria Musara.

Komandan Korem 011/Lilawangsa mengatakan pemuda harus bisa memahami langkah-langkah yang dilakukan oleh Pihak Asing, dengan memakai Metode Proxy War untuk menyerang Indonesia.

“Metode perang secara fisik untuk menguasai Indonesia sudah tidak jamannya, tetapi dilakukan melalui, menyerang dari dalam Komponen Bangsa ini,” sebutnya.

Katanya, Proxy War adalah perang yang terjadi ketika kekuatan lawan menggunakan pihak ketiga sebagai penggantinya.

“Kekuatan pihak ketiga dapat berupa Pemerintahan sendiri, agen, tentara bayaran, atau pihak ketiga lainnya,” jelasnya. Nantinya diharapkan kelompok ini bisa menyerang tanpa menyebabkan perang skala luas, hal senada juga disampaikan Panglima TNI Jendral TNI Gatot Nurmantyo.

Lazimnya, pihak ketiga yang bertindak sebagai pemain pengganti adalah negara kecil, namun kadang juga bisa non state actors, seperti LSM, Ormas, kelompok masyarakat atau perorangan.

Katanya lagi, perang Proxy ini, tidak dapat dikenali dengan jelas siapa kawan dan siapa lawan, karena musuh mengendalikan non state actors dari jauh.

“Proxy War telah berlangsung di Indonesia dalam bermacam bentuk, salah satunya seperti gerakan Separatis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Untuk itu peran pemuda sangat strategis dan menentukan untuk mengahadapi Proxy War yang sudah terjadi di Indonesia. Akibat dari Perang Proxy sudah kita rasakan seperti lepasnya Timor Timur, maraknya Narkoba, Tawuran Pelajar, Gang motor dan lainnya. (SP/Ismu)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *