Berita PilihanRampoe

Mengenal Lebih Jauh Honda CB150R StreetFire dan Honda Sonic 150R

CBR150 dan Sonic

(kanan-kiri) Toshiyuki Inuma President Director AHM, Johannes Loman Executive Vice President Director AHM, Margono Tanuwijaya Marketing Director AHM dan Koji Sugita Marketing Director AHM memperkenalkan sepeda motor terbaru Honda, All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R. AtjehLINK|Arunda

Jakarta – Menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, PT Astra Honda Motor (AHM) kembali meluncurkan dua model terbaru All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R, yang siap memberikan performa maksimal sesuai keinginan pengendaranya.

Kehadiran kedua model terbaru ini semakin memperkuat jajaran line-up produk Honda dalam menjawab kebutuhan para pecinta motor sport di Tanah Air, (Rabu, 5/8/2015). berikut ini adalah ulasan singkat mengenai kedua motor teranyar Honda tersebut.

All New Honda CB150R StreetFire

All New Honda CB150R StreetFire hadir sebagai naked motor sport dengan spesifikasi tinggi dengan garis desain mencerminkan performa tinggi yang memukau dan akan menjadi trendsetter di kelasnya. Model ini diperbarui secara menyeluruh di semua sisi yaitu desain, performa, dan chassis bodi.

Desain yang agresif pada All New Honda CB150R StreetFire tercermin dari sisi depan hingga belakang yang terlihat dari siluet tajam seperti panah. Hal ini didapat melalui penyematan lampu LED di semua sistem pencahayaan yang membuat bentuk rangkaian lampu motor ini terlihat lebih tajam dan compact, dengan daya tahan yang lama.

Selain itu, panel indikator digital yang berisi informasi lengkap didesain lebih kecil dan kompak dengan visibilitas yang sangat baik. Perubahan ini berkontribusi menghasilkan siluet tajam dan meningkatkan sensasi teknologi tinggi.

Desain agresif juga tampak pada perubahan menyeluruh pada area kokpit melalui perubahan pada desain panel yang dapat dilihat dari tampak atas dan perubahan pada tanki bahan bakar. Fitur dan layout baru ini dapat mengurangi beban di sisi depan dan selanjutnya menitikberatkan beban di sisi tengah.

Dari sisi perfoma motor, All New Honda CB150R StreetFire mampu menghasilkan performa tinggi secara penuh di setiap putaran berkat pengaplikasian mesin generasi terbaru 150cc, DOHC 4 katup, 6 kecepatan, berpendingin cairan (liquid-cooled). Mesin terbaru ini memiliki karakter output performa yang fleksibel sejak akselerasi awal hingga revolusi tertinggi yang dapat mewujudkan pengendalian sesuai keinginan pengendara.

Dengan dukungan mesin generasi terbaru, All New Honda CB150R StreetFire kini memiliki catatan akselerasi lebih agresif mencapai 10,5 detik (0-200m). Model ini pun dapat dipacu hingga 125 km/jam dengan tetap menghasilkan tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien mencapai 40.6 km/l (EURO 2) dan 37.9 km/l (EURO 3) dengan metode ECE R40 berkat aplikasi dari offset cylinder, spiny sleeve dan roller rockerarm.

All New Honda CB150R StreetFire semakin nyaman dan menyenangkan untuk dikendarai berkat pengaplikasian teknologi seperti balancer utama tipe uniaxial (Uniaxial Primary Balancer), roda gigi tipe heliks (Helical Gear), dan bantalan crank yang kuat (High Rigidity Crank Journal Bush), serta memiliki perpindahan transmisi yang mulus, di mana keseluruhan teknologi ini menghasilkan suara mesin yang lebih halus dan minim getaran untuk sensasi berkendara yang berkelas.

Rangkaian chassis pada All New Honda CB150R StreetFire didesain untuk menciptakan pengendalian sesuai keinginan pengendara di semua kondisi jalan dan semua kecepatan. Posisi berkendara cocok untuk berkendara dalam kota maupun jarak jauh.

Hal ini mampu memberikan kebebasan maksimum pada pengendara melalui jangkauan kaki ke tanah yang lebih baik, serta tetap nyaman untuk berboncengan dengan pegangan belakang yang kini didesain terpisah.

Dengan rangka baru, All New Honda CB150R StreetFire mampu meningkatkan manfaat yang unik dari rangka teralis, yakni memiliki keseimbangan yang tinggi antara kekuatan dan kelenturan berkat pengaplikasian alumuniumengine hanger.

Penyematan ban yang lebih besarpun meningkatkan daya cengkram maksimal sekaligus memberikan rasa aman baik saat menikung maupun pada kecepatan tinggi, dengan dukungan rem cakram depan berukuran 276mm yang meningkatkan kemampuan pengereman.

Honda CB150R StreetFire telah diterima sangat baik oleh konsumen Indonesia terbukti dengan angka penjualan 410.540 unit sejak pertama kali dirilis pada Desember 2012.  Penjualan Honda CB150R StreetFire pun telah mengalami peningkatan dan mampu berkontribusi terhadap penjualan motor sport Honda hingga 51,21% pada 2014 dengan mencatatkan penjualan hingga 196.622 unit.

All New Honda CB150R StreetFire hadir dengan 3 pilihan warna Quantum Red, Macho Black dan Rapid White  yang dipasarkan dengan harga on the road (OTR Jakarta) Rp25,4 juta. Model ini ditargetkan dapat terjual 21.000 unit per bulan.

New Honda Sonic 150R

Melengkapi jajaran line-up model sport, AHM merilis New Honda Sonic 150R untuk menjawab tingginya pertumbuhan minat remaja terhadap sepeda motor yang sporti, trendi, agresif, dan dinamis namun tetap mempertimbangkan sisi ergonomi yang cocok dengan postur tubuh remaja maupun sisi daya beli yang terjangkau.  Motorlight sport Honda ini merupakan motor mutakhir untuk remaja masa kini.

Dengan mengusung konsep styling agresif generasi baru, New Honda Sonic 150R hadir dengan desain sudut dan garis tajam, didukung fitur menarik dari motor sport terbaru seperti lampu depan LED, panel indikator digital yang lengkap, desain velg aluminium, rem cakram depan berukuran besar 296mm, dan ban tubeless.Keseluruhan desain ini diwujudkan untuk memberikan kebanggaan bagi pengendaranya.

Desain cover bodi model ini dilengkapi sayap samping berkarakter aerodinamis dan bergaya dengan inovasi sayap samping yang dapat dibongkar pasang  sesuai keinginan pengendaranya.

New Honda Sonic 150R dilengkapi dengan mesin performa tinggi seperti Honda CB150R StreetFire yang mampu menciptakan kelincahan sempurna berkat perpaduan dari bobot yang kecil dan ringan.  Karakter output New Honda Sonic 150R sesuai dengan jalanan perkotaan, diperkaya dengan torsi putaran mesin bawah hingga menengah yang memberikan akselerasi terbaik di kelasnya, namun tetap irit bahan bakar.

New Honda Sonic 150R mampu berakselerasi 10,6 detik untuk jarak 0-200m. Motor sport terbaru Honda ini pun mampu dipacu hingga 124,1 km/jam berdasarkan hasil pengetesan perusahaan. Sementara konsumsi BBM yang dihasilkan tetap efisien dengan angka 45,4 km/l (EURO 2) dan 40,9 km/l (EURO 3) dengan metode ECE R40.

Chassis pada model ini mampu menghasilkan kelincahan sempurna sekaligus memberikan rasa aman saat berkendara pada kecepatan tinggi.  Desain baru rangka twin-tube menghasilkan kekuatan tinggi dengan bodi yang ramping.

Desain setang kemudi jepit yang menyerupai motor sport racing memberikan kesan yang lebih agresif dan sporti, yang sangat cocok untuk remaja di jalanan perkotaan.  Kemudahan saat manuver dapat tercipta melalui jarak sumbu roda yang pendek, lebar setang kemudi yang proporsional, sudut putar yang lebar sama seperti motor tipe bebek dan ketinggian jok rendah.

Selain berinovasi pada mesin yang lebih berperforma tinggi, untuk pertama kalinya di Indonesia, pergantian oli mesin sepeda motor kini dapat semakin lama dua kali lipat dari biasanya yaitu mencapai 6.000 km untuk kedua model All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R. Hal ini memberikan manfaat lebih bagi pengguna sepeda motor Honda terbaru ini sehingga lebih sedikit waktu dan biaya perawatan yang dibutuhkan.

New Honda Sonic 150R memiliki 4 pilihan warna yaitu Active White, Spartan Black, Energetic Red, dan Neo Magenta yang dipasarkan dengan harga on the road (OTR Jakarta) Rp20.9 juta. AHM menargetkan dapat menjual 11.000 unit per bulan untuk New Honda Sonic 150R. (Sp/Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *