Berita PilihanRampoe

Ummi Niazah Dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Nasional Kunker ke Sabang

PKK NasionalBanda Aceh – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Ummi Niazah A Hamid mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Pusat, Dr Erny Guntarti Tjahyo Kumolo bersama istri Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Ratna Megawangi dan Ketua Indonesia Heritage Foundation (IHF) Ratna Dewi, saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Sabang, (Jum’at, 7/8/2015).

Tiba di Sabang, rombongan langsung disambut oleh istri Wali Kota Sabang, Mulyana Sari bersama istri Sekdako Sabang dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang.

Dalam kunjungan kerja tersebut rombongan menyempatkan diri berkunjung ke PAUD Al-Fitrah yang ada di Jalan Cut Nyak Dhien, Gampong Kuta Timu, Kota Sabang, untuk melihat secara langsung proses belajar mengajar di PAUD yang berada di kawasan pesisir.

Ratna Megawangi, saat berada di PAUD Al-Fitrah menjelaskan, selama ini, dirinya bersama Indonesia Heritage Foundation fokus melakukan pendidikan kepada para guru-guru PAUD. Dan selalu mengkampanyekan 9 Pilar Pendidikan Holistik Berbasis Karakter.

“Alhamdulillah sudah ratusan guru-guru TK Aceh sudah kami latih. Ibu Gubernur Aceh juga sangat antusias dalam mendukung kegiatan-kegiatan yang telah kami selenggarakan,” terang Ratna Megawangi.

Sembilan Pilar Pendidikan Holistik Berbasis Karakter yang dimaksud Ratna Megawangi adalah (1) Cinta Tuhan dan segenap ciptaan-Nya, (2) kemandirian dan tanggungjawab, (3) kejujuran/amanah, (4) diplomatis, hormat dan santun, (5) dermawan, suka tolong-menolong dan gotong royong/kerjasama, (6) percaya diri dan pekerja keras, (7) kepemimpinan dan keadilan, (8) baik dan rendah hati, dan (9) karakter toleransi, kedamaian, dan kesatuan.

Wanita berkacamata ini juga berharap agar anak-anak mampu menjadi agen perubahan, untuk itu orang tua diharapkan dapat memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak dengan sebaik-baiknya.

“PKK ingin mengambil peran dalam mengadvokasi pola asuh anak guna membangun generasi yang berakhlak mulia. Kami berharap kampanye ini dapat tersampaikan keseluruh masyarakat.

“Sangat penting para orangtua untuk memahami bagaimana cara mendidik anak dengan sebaik-baiknya. Dengan metode ini, kita berharap di masa depan generasi muda Indonesia akan mampu diarahkan pada kegiatan-kegiatan positif.”

Sementara itu, Bunda PAUD Aceh, Niazah A Hamid menyatakan sangat mendukung berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Wanita yang akrab disapa Ummi Niazah ini juga berharap agar PKK Nagional dapat lebih memberikan perhatian kepada PAUD yang ada di Aceh dan dapat melanjutkan program ini.

“Kami Sangat mendukung dan meminta kepada Tim Penggerak PKK nasional melanjutkan program ini di Aceh,” ujar Istri Gubernur Aceh itu.

Pada kunjungan ke PAUD Al-Fitrah, rombongan juga sempat mendapatkan hiburan dari dua siswa PAUD. Miftahul Ramadhani (3,5 tahun) dan Nauval (3,5 tahun). Kedua siswa tersebut mempersembahkan lagu kanak-kanak berjudul ‘Kasih Ibu’ kepada para tamu. Beberapa kesalahan syair saat anak-anak itu bernyanyi justru mengundang tawa dari para hadirin.

“Assalamu’alaikum,” pungkas Nauval dengan lantang usai mempersembahkan lagu kepada para tamu. Tak ingin mengecewakan bocah lugu itu, para hadirin pun menghadiahkan tepuk tangan meriah kepadanya.

Dalam kunjungannya di Sabang, rombongan sempat berhenti dibeberapa lokasi wisata, diantaranya di tugu I Love Sabang, Krueng Raya, untuk mengabadikan momen di Kota Wisata itu. setelah menikmati jamuan makan siang dari Bunda PAUD Kota Sabang, rombongan langsung menuju ke pelabuhan penyeberangan Balohan untuk kembnali menuju Banda Aceh. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *