Headline NewsPolitikSigom Atjeh

6 Kecamatan di Aceh Utara Siap Bentuk Kabupaten Baru

Peta Administrasi Aceh Utara

Peta Administrasi Aceh Utara

Aceh Utara – Sejumlah tokoh di Kabupaten Aceh Utara mengadakan rapat persiapan pembentukan Kabupaten baru dalam wilayah administrasi Aceh Utara. Pembentukan Kabupaten baru dinilai penting untuk mempercepat pembangunan yang masih lamban.

Dalam rapat persiapan yang berlangsung di aula kantor Camat Dewantara, Minggu (9/9/2015),direncanakan ada enam kecamatan yang nantinya masuk dalam Kabupaten Aceh Utara bagian barat, antara lain Dewantara,Nisam,Nisam Antara,Bandar Baru,Muara Batu dan Sawang.

Prof A.Hadi Arifin yang hadir dalam rapat tersebut memaparkan, sementara ini pembangunan di enam kabupaten tersebut dengan tingkat populasi 145 ribu masih minim. Bahkan, katanya, tingkat kemiskinan mencapai 31 persen.

Sementara itu, Marzuki Abdullah, mantan Camat Dewantara, sekaligus mantan asisten Bupati periode sebelumnya menuturkan, informasi dari Kementrian Dalam Negeri, di tahun 2015 ada 140 lebih Kabupaten yang sudah mengajukan untuk dimekarkan.

“Inilah kesempatan memekarkan, dan pak Bupati Aceh Utara memberi lampu hijau untuk itu,” katanya.

Dalam sesi saran1.dewantara yaitu H.cut Razali, untuk dapat mendukung pembentukan kab baru perlu dilakukan pembuatan surat bersama untuk mendukung pembentukan kab baru, pembentukan ini sangat mulia oleh karena itu mari kita satukan kebersamaan dan mari buangkan kepentingan pribadi dan mari kita jadikan satu mamak dan satu ibu.

mewakili kec.2.Banda baru tajuddin{ketua forum peduli banda baru} status panitia harus diperjelas, untuk melahirkan kab, harus lebih dulu menyiapkan nama,harus tunjukan show opos,

H.Syamsyidar dari Mukim Mane juga salah satu panitia,katanya panitia pemekaran Aceh Utara bagian barat sudah terbentuk, tapi masih sementara. Dan jika pun dalam perjalanan nanti ada tokoh lain yang menghambat,” kita tak perlu ragu,” katanya. (SP)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *