Berita PilihanHeadline NewsNasional

Maria Ulfah Juarai AHMBS ke-XIII 2015

Maria AHMBS

Markus Budiman Direktur AHM, menyerahkan penghargaan Best of the Best kepada Maria Ulfah Marwan, siswi SMAN Fajar Harapan, Banda Aceh sebagai peserta Astra Honda Best Student terbaik (AHMBS) di La Piazza, Jakarta Utara. Maria meneliti minyak aksiri jahe sebagai aditifi untuk meningkatkan efisiensi pemakaian BBM. AtjehLINK|Arunda

Jakarta –  Maria Ulfah Marwan, siswa SMAN 10 Fajar Harapan, Banda Aceh berhasil membawa harum nama Aceh, pada event Astra Honda Motor Best Student  (AHMBS) 2015. Maria berhasil menyingkirkan 69 finalis lainnya dan berhasil menyabet predikat Best of the Best pada event tahunan yang digelar oleh Astra Honda Motor itu, (Selasa, 11/8/2015).

Karya tulis Maria yang berjudul ‘Pengaruh Penambahan Gas Hidrogen dan Ekstrak Rimpang Jahe terhadap Efisiensi BBM’ berhasil mencuri perhatian dewan juri yang akhirnya menasbihkan perwakilan Aceh itu menjadi yang terbaik dalam ajang yang 13 kali digelar oleh AHM itu.

Atas keberhasilan tersebut, untuk mengapresiasi dan memotivasi prestasi para pemenang, AHM memberikan hadiah berupa sepeda motor All New Honda BeAT eSP kepada Maria Ulfah Marwan untuk menemaninya beraktifitas mencapai mimpi.

Sedangkan beasiswa pendidikan sebesar Rp 7,5 juta diberikan kepada juara-2, Rp 6,5 juta kepada juara-3, Rp 5,5 juta kepada juara-4, serta bagi juara-5 dan 6, masing-masing mendapatkan Rp 4,5 Juta. Siswa yang lain juga tetap mendapatkan apresiasi berupa beasiswa pendidikan masing-masing senilai Rp 1,5 juta.

AHMBS Event Tahunan Honda

AHMBS merupakan kegiatan rutin yang kini telah memasuki tahun penyelenggaraan ketiga belas sejak pertama kali diadakan pada tahun 2003. Dengan tema ‘Satu Hati Peduli Bangsa’, AHMBS dilaksanakan dengan didahului proses seleksi untuk mendapatkan siswa terbaik yang dilakukan oleh jaringan main dealer sepeda motor Honda dari seluruh Indonesia.

Pada tahap awal, setidaknya ada 926 siswa-siswi berprestasi dari seluruh Indonesia yang mengikuti seleksi. Dari jumlah tersebut, terpilihlah 70 siswa-siswi terbaik yang akhirnya mengikuti gelaran AHMBS 2015 tingkat nasional di Jakarta pada 8-12 Agustus 2015.

Dalam proses seleksi, selain memperhatikan prestasi akademik setiap siswa, AHMBS 2015  memilih siswa terbaik tahun ini dengan memberi perhatian besar pada aspek karakter kepedulian terhadap kemajuan bangsa.

Setiap siswa berkompetisi menciptakan karya tulis terbaik berdasarkan hasil observasi ataupun kegiatan kepedulian yang sudah dilakukan dalam bidang kesehatan, lingkungan pendidikan, ataupun usaha kecil menengah.

Tim Juri AHMBS menilai ‎karakter dan kepedulian siswa dari peran dan keaktifan siswa dalam kegiatan sosial dan kemampuannya berorganisasi, yang dipaparkan dalam karya tulis para siswa.

Ahmad Muhibbuddin, selaku Deputy Head of Corporate Communication AHM mengatakan pembentukan karakter adalah aspek penting untuk mengantarkan generasi muda menjadi generasi yang berkualitas di masa depan.

Hal ini diperlukan untuk mengantarkan generasi muda dalam berkiprah membangun masa depan bangsa yang berkualitas secara fisik maupun mental.

“Tak hanya berorientasi menghasilkan produk dan layanan terbaik bagi masyarakat Indonesia, Kami juga ingin turut berperan dalam membangun karakter peduli generasi muda agar dapat memberikan kontribusi terbaiknya bagi negeri yang kita cintai ini,” ujar Muhibbuddin.

Peduli Lingkungan

Pada penyelenggaraan AHMBS 2015, para siswa dilibatkan dalam program pembentukan karakter peduli lingkungan melalui kegiatan belajar bersama tentang hidroponik, briket sampah, composting, recycle kemasan rumah tangga, biopori, dan penebaran bibit ikan.

Kegiatan ini akhiri dengan penanaman 5.000 pohon Sengon, Trembesi, Nangka, Duku dan penebaram 10.000 benih ikan di wilayah sungai Ciliwung, Jakarta. Kepedulian lingkungan ini diharapkan dapat ditularkan dan diteruskan para siswa di wilayahnya masing-masing.

AHMBS 2015 juga berupaya memberikan beragam inspirasi untuk berprestasi tinggi dengan menghadirkan beberapa sosok muda berprestasi di bidangnya masing-masing. Para inspirator ini antara lain Dee Lestari, penyanyi dan penulis berbakat yang karya-karyanya banyak diminati masyarakat, berbagi, serta Dikta yang menjadi vokalis andalan grup musik Yovie & Nuno dan bintang series musikal Stereo.

Siswa-siswi AHMBS 2015 juga turut disapa Angel Pieters, juara-2 Idola Cilik 2008 dan bintang Stereo yang berbagi inspirasi dan pengalaman bagaimana mengembangkan diri secara optimal di masa muda melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

Para siswa juga diperkaya pengalaman dengan mengikuti pelatihan dan praktek safety riding oleh para trainer berpengalaman AHM. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter kepedulian keselamatan berkendara bagi mereka.

Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan mengunjungi pabrik sepeda motor Honda di Cikarang untuk menyaksikan secara langsung proses pembuatan sepeda motor.

Kegiatan ini turut didukung sepenuhnya oleh anak perusahaan AHM, yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Berikut ini adalah nama-nama pemenang AHMBS 2015:

  1. Best of the Best: Maria Ulfah dari SMAN 10 Fajar Harapan Aceh dengan karya tulis Pengaruh Penambahan Gas Hidrogen dan Ekstrak Rimpang Jahe terhadap Efisiensi BBM
  2. Pemenang 2 : I Kadek Irwan dari SMA Negeri 3 Denpasar dengan karya tulis Pengujian Ekstrak Biji Nyamplung (Calophyllum Inophyllum L) Sebagai Agen Kemopreventif Kanker
  3. Pemenang 3 : Farras Elmira dari SMAN 1 Kota Serang, Bogor dengan karya tulis Efficiency Caring, Act Out – Langkah Nyata Sederhana Sebagai Upaya Pelestarian Lingkungan

 

(Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *