Berita PilihanRampoe

Para ‘Gladiator’ Meriahkan 17 Agustus di Krueng Daroy

IMG_20150817_113227Banda Aceh – Senin pagi menjelang siang 17 Agustus 2015, ratusan warga memadati sisi kiri dan kanan Krueng Daroy, Banda Aceh, tak jauh dari Kodim 0101/BS dan Museum Aceh.

Sekira satu setengah meter di atas permukaan sungai, sebatang pohon pinang direbahkan memanjang dengan dua tiang sebagai penyangga. Satu unit perahu karet lengkap dengan Tim SAR pun terlihat siaga di sana.

Bukan operasi pencarian korban tenggelam, tapi pihak Kecamatan Baiturrahman sedang menggelar pertandingan ‘pukul  batal’ dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-70.

Setiap pertandingan digelar satu babak, dua orang ‘gladiator’ duduk saling berhadapan di atas pohon pinang bersenjatakan bantal guling kecil. Usai aba-aba dari wasit, kedua ‘gladiator’ saling memukul hingga salah satu di antaranya jatuh dan tercebur ke dalam sungai. Sorak sorai penonton pun membahana.

Faktor safety menjadi perhatian utama pihak panitia. Para peserta dilengkapi dengan pelindung kepala dan jaket pelampung. Ada tiga kelas yang dipertandingkan, kelas ringan (anak-anak), kelas menengah (remaja) dan kelas berat (dewasa).

Camat Baiturrahman Rizal SSTP yang ditemui di sela-sela acara mengatakan, pertandingan pukul bantal ini sengaja digelar pihaknya untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan, sekaligus untuk menghibur masyarakat.

“Agar lebih semarak, kami juga menyiapkan beragam hadiah menarik bagi para pemenang. Hadiah utama berupa sepeda gunung merupakan hadiah yang disiapkan khusus oleh Ibu  Wali Kota Banda Aceh,” katanya.

Amatan di lokasi, acara tersebut cukup sukses menghibur warga setempat dan menyita perhatian para pengguna hingga ikut menepi untuk menonton. Ratusan warga mulai dari anak-anak hingga kaum ibu larut dalam kegembiraan di tepi Krueng Daroy yang bersejarah. (Jun)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *