Berita PilihanOlahraga

Masuki ARRC Seri 4, Andi Gilang Siap Teruskan Perjuangan M Fadli

AHM-Andi GilangJakarta – Pertarungan pebalap di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) akhir Agustus ini akan semakin sengit seiring dengan kepastian PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menurunkan Andi Farid Izdihar atau yang biasa dikenal Andi Gilang pada kelas supersports 600cc, Selasa, 18/8/2015).

Di bawah bendera Astra Honda Racing Team (AHRT), Andi Farid Izdihar akan melanjutkan perjuangan M Fadli Immammudin yang sebelumnya sempat mengharumkan nama bangsa dengan meraih posisi puncak klasemen sementara pada ajang balap tingkat Asia ini.

Andi Farid Izdihar merupakan pebalap binaan AHM yang dididik sejak dini dalam Honda Racing School. Sejak merintis karir balapnya bersama AHRT, pebalap berusia 17 tahun ini telah berhasil mencetak beragam prestasi dan mengharumkan nama bangsa dalam berbagai ajang balap bergengsi.

Pada akhir Juli lalu, Andi Gilang bersama Aditya Pangestu berhasil mengibarkan Merah Putih setelah berhasil meraih podium kedua dalam ajang balap bergengsi Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2015 di sirkuit Suzuka, Jepang (29/07).

Dengan menggunakan sepeda motor Honda CBR600RR, keduanya berhasil menyelesaikan 95 lap dengan waktu tempuh 4:01’01’.395 dan sekaligus berhasil membukukan Best Lap dengan catatan waktu 2’19.159.

Prestasi gemilang juga dicetak Andi Gilang sebagai peraih podium tertinggi di ajang balap Asia Talent Cup (ATC) di sirkuit Losail, Qatar (20-22/3). Dengan semangat balap yang gigih, pebalap muda ini memacu Honda NSF250 tunggangannya, melewati pebalap-pebalap lain di depannya dan memimpin jalannya dengan catatan waktu 31’04.077.

Melalui prestasi ini, untuk pertama kalinya, lagu Indonesia Raya dikumandangkan dengan diiringi pengibaran bendera Merah Putih paling tinggi di ajang balap bergengsi ini. ATC merupakan ajang balap yang dibentuk Dorna Sports selaku penyelenggara balap tingkat dunia MotoGP untuk mencari pebalap-pebalap muda berbakat dari Asia.

Keberhasilan pebalap berbakat Indonesia binaan AHM ini dalam memberikan kebanggaan untuk bangsa turut diapresiasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi.

“Prestasi Andi Gilang ini sudah mengharumkan nama bangsa di kancah international. Saya berharap prestasi ini akan menginspirasi kita untuk melakukan pembinaan pebalap muda Indonesia agar bisa meraih prestasi yang lebih baik.”

Sementara itu, General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A Indraputra mengungkapkan optimismenya mengikutsertakan Andi Gilang sebagai pebalap AHRT, pada ajang balap ARRC kelas supersport 600cc.

Sepak terjang pebalap ini di dunia balap diyakini dapat menjadi bekal kuat dalam meneruskan perjuangan pebalap M Fadli Immammudin di sepanjang sisa seri ARRC tahun ini.

“Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas segala dukungan terhadap M Fadli Immammuddin yang saat ini masih dalam proses penyembuhan. Kami yakin dengan semangat Satu Hati, Andi Gilang dapat meneruskan prestasi membanggakan yang sebelumnya pernah ditorehkan M Fadli dalam ajang balap ini.”

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, pada ajang balap ARRC seri ke 2 di sirkuit Sentul, Indonesia, M Fadli Immammudin berhasil menyelesaikan balapan  dan menduduki posisi puncak kelas supersports 600cc. Namun sesaat setelah finish M Fadli Immammuddin mengalami kecelakaan dan sampai saat ini masih menjalani proses penyembuhan.

Pada kelas supersports 600cc seri keempat di sirkuit Buriram, Thailand nanti, Andi Gilang memperkuat AHRT bersama Dimas Ekky Pratama yang juga telah mencetak beragam prestasi di berbagai ajang balap internasional, seperti Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2015, dan CEV Spanish Championship.

Di ajang ajang balap ARRC kelas supersports 600cc ini, Dimas juga pernah mengibarkan Merah Putih di podium kedua pada seri kedua di sirkuit Sentul, Indonesia.

Selain menurunkan pebalap di kelas 600cc, AHM juga menurunkan dua pebalap muda berbakat Tanah Air untuk bertarung di kelas Asia Dream Cup, yaitu Yogha Dio Syachputra dan Muhamad Febriansyah yang juga terus menunjukan perkembangan positif dalam setiap seri-seri sebelumnya di ARRC.

ARRC merupakan ajang balap tingkat Asia dan berlangsung 6 kali yaitu di Sepang, Malaysia (16-19 April), Sentul, Indonesia (4-7 Juni), Suzuka, Jepang (1-5 July), Buriram, Thailand (27-30 Agustus), Losail, Qatar (30 September – 3 Oktober) dan Buriram, Thailand (3-6 Desember).

Pada setiap seri akan akan digelar 2 kali balapan sebelum akhirnya setiap pebalap mengumpulkan akumulasi poin untuk menentukan posisi klasemen tertinggi hingga akhir seri. (Arunda)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *