Berita PilihanSigom Atjeh

162 Ekor Ternak se-Aceh Dipamer di Aceh Tengah

Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah memegang kuda Gayo yang baru tahun ini ditampilkan pada Expo Ternak se-Aceh, Jum'at (21/8/2015)/Foto: Emka

Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah memegang kuda Gayo yang baru tahun ini ditampilkan pada Expo Ternak se-Aceh, Jum’at (21/8/2015)/Foto: Emka

Aceh Tengah – Sebanyak 162 ekor ternak unggul dari 23 kabupaten se-Aceh didatangkan dan dipamer pada kegiatan Expo Ternak ke-6 di Aceh Tengah. Kegiatan akan berlangsung hingga 23 Agustus 2015 mendatang.

Expo Ternak ke 6 tingkat Provinsi Aceh resmi dibuka Bupati Aceh Tengah, Ir. H. Nasaruddin, MM di arena Lapangan H. Muhammad Hasan Gayo Blang Bebangka Pegasing, Jum’at (21/8/2015).

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Aceh Tengah, drh Rahmandi mengungkapkan, Expo Ternak kali ini diikuti oleh 23 kabupaten kota se-Aceh dan segala persiapannya sudah matang. Katanya lagi, Wakil Bupati Aceh Besar juga sudah menyerahkan piala bergilir kepada panitia.

“Aceh Besar selaku juara umum Expo Ternak ke-5, melalui Wakil Bupatinya sudah menyerahkan piala bergilir kepada Kepala Dinas Kesehatan Hewan dan Peternakan Aceh selaku Ketua panitia. Itu disaksikan langsung oleh Bupati Aceh Tengah serta unsur Forkopimda setempat,” ujarnya.

Adapun tema Expo Ternak tahun ini,  “melalui expo ternak kita wujudkan pemenuhan pangan asal ternak berbasis agrobisnis peternakan rakyat”. Diharapkan dengan mengusung tema tersebut peternakan rakyat benar-benar dapat diandalkan dalam pemenuhan pangan.

Setelah dibuka oleh Bupati Aceh Tengah, event akbar sektor peternakan tersebut rencananya akan ditutup langsung oleh Gubernur Aceh pada tanggal 23 Agustus 2015 mendatang.

 

Kuda Gayo Masuk Kelas Eksebisi

Untuk pertama kali kuda Gayo masuk dalam Expo Ternak.Masuknya kuda Gayo hanya sebatas pada kelas eksebisi saja dan belum ada penilaian khusus.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Aceh, drh Rahmandi didasari pada perkembangan populasi ternak kuda Gayo yang tersebar di empat kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara

“Kuda Gayo sudah ditetapkan sebagai sumber genetik ternak lokal, ini berdasarkan keputusan Menteri Pertanian,” kata Rahmandi disela pembukaan Expo Ternak.

Namun, kuda Gayo kali ini menurut Rahmandi hanya masuk dalam kategori kelas eksebisi saja.”Kita harapkan kedepan dalam event expo ternak berikutnya ternak kuda juga tetap menjadi bagian dari penilaian,” demikian Rahmandi. (Emka)

 

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *