Berita PilihanHeadline NewsSigom Atjeh

Di Sabang, Perempuan Berlomba Panjat Pinang HUT RI

Sejumlah perempuan ikut andil lomba panjat pinang, perayaan HUT RI ke-70 di Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Kamis (20/08/2015). AtjehLINK  | Jalal

Sejumlah perempuan ikut andil lomba panjat pinang dalam rangka perayaan HUT RI ke-70 di Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Kamis (20/08/2015). AtjehLINK | Jalal

Sabang – Lompa panjat pinang, bisa disebut sudah menjadi bahagian tak terpisahkan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republiik Indonesia. Setiap Hari Ulang Tahun RI, selain upacara pengibaran bendera, bersamaan dengan berbagai rangkaian kegiatan lain lomba panjat pinang seolah sudah menjadi salah satu agenda wajib untuk dilaksanakan, di hampir semua wilayah sampai ke tingkat desa di negeri ini, tak terkecuali Aceh.

Umumnya, lomba ini diikuti oleh para kelompok lelaki sebagai peserta. Namun, bukan berarti tidak ada para perempuan yang ikut ambil bagian dalam perlombaan ini. Buktinya, di Gampong Kuta Barat, Kecamatan Sukakarya, Sabang, lombat panjat pinang yang turut diikuti kaum ibu juga sudah menjadi tradisi. Termasuk yang dilakukan saat perayaan HUT RI ke-70 tahun ini.

Amatan AtjehLINK, lomba panjat pinang yang digelar panitia HUT RI ke-70 Gampong Kuta Barat, Sabang, pada  hari Kamis (20/08/2015) kemarin, sejumlah regu perempuan dari kalangan remaja sampai ibu rumah tangga, turut berlomba dengan kelompok lelaki untuk berebut hadiah yang tersedia di pucuk pohon pinang. Bahkan, karena terlalu banyak  yang ingin ikut andil, terlihat kaum perembuat berebut saat mendaftar jadi peserta lomba.

Aksi para perempuan lomba panjat pinang ini, menjadi tontonan menarik bagi para warga. Apalagi, semangat kelomppok ibu-ibu tersebut tak kalah dari kaum lelaki. Meski harus berjuang memanjati pohon pinang licin karena dilumuri gemuk setinggi 7 meter. Bahkan, kelompok kaum hawa ini mampu menjadi jawara sekalipun harus menandingi kelompok lelaki.

Kebiasaan kaum perempuan menjadi peserta lomba panjat pinang di Sabang ini, dituturkan oleh Tiopan, panitia HUT RI 70 Gampong Kuta Barat. Menurut dia, keikutsertaan regu perempuan dalam lomba panjat pinang di tempat itu sudah berlangsung sejak lama, setiap kali perayaan kemerdekaaan RI.

“Wanita-wanita Sabang untuk memeriahkan HUT-RI siap bersaing dengan kaum laki-laki, mereka selain memanjat pinang  juga ikut lomba tarik tambang dan berbagai kegiatan hiburan lainnya,” ujar Tiopan.

“Mereka (perempuan-red) tidak mau kalah dengan kaum lelaki, dan rela meninggalkan keperluan lain demi untuk menjadi peserta panjat pinang. Untuk memeriahkan ulang tahun negara,  wanita-wanita Sabang siap memanjat pinang,” tutur Tiopan. (Jalal)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *