Berita PilihanSigom Atjeh

Kabut Asap, Dinkes dan Polres Aceh Timur Bagi-Bagi Masker

bagi maskerAceh Timur – Guna mengantisipasi dampak kabut asap yang sudah terjadi sejak sepekan lalu di kawasan Aceh Timur dan sekitarnya, Dinas Kesehatan dan Polres Aceh Timur membagi-bagikan masker gratis kepada para pengguna jalan, Kamis (3/9/2015).

Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Banda Aceh-Medan, tepatnya di depan Mapolsek Idi Rayeuk ini, dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman didampingi Wakapolres Kompol Carlie Syahputra Bustamam, Kabag Ops Kompol Warosidi dan Kapolsek Idi Rayeuk AKP Samsuddin. Turut hadir pula pada kesempatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur Kamarullah.

Kapolres Aceh Timur mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pihaknya terhadap kabut asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan di Jambi. “Saya langsung turun ke lapangan untuk membagi-bagikan sebanyak 10 ribu masker kepada pengguna jalan baik pengendara roda dua, roda empat dan pejalan kaki.”

“Hal ini kami lakukan guna mencegah, mengantisipasi dan memiminalisir dampak kabut asap bagi kesehatan warga khususnya peningkatan risiko penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” terang Kapolres Hendri.

Diungkapkan Kapolres, pencegahan terhadap kebakaran lahan dan hutan sangatlah penting. Kebakaran lahan ini biasanya disebabkan oleh faktor kelalaian maupun unsur kesengajaan manusia.

“Untuk itu, kami menegaskan kepada seluruh unsur elemen masyarakat di wilayah hukum Kabupaten Aceh Timur untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan dengan unsur kesengajaan, karena akan ada sanksi hukum yang diberikan,” pungkas Kapolres. (Mus/al3)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *