Atjeh HijauBerita Pilihan

Cegah Kejahatan Kehutanan, Tim UKL Polres Aceh Barat Gelar Sosialisasi

UKL Polres Aceh Barat melakukan sosialisasi pencegahan tindak kejahatan kehutanan kepada masyarakat Gampong Jambak dan Seukundo, Kamis (03/09/2015). AtjehLINK | Boy

UKL Polres Aceh Barat melakukan sosialisasi pencegahan tindak kejahatan kehutanan kepada masyarakat Gampong Jambak dan Seukundo, Kamis (03/09/2015). AtjehLINK | Boy

Meulaboh – Tim Unit Kecil Lengkap (UKL) Polres Aceh Barat dan Polsek Pante Ceureumen, menggelar sosialisasi pencegahan kejahatan kehutanan serta penyuluhan pengurangan resiko bencana alam kepada masyarakat Gampong Jambak dan Gampong Sekundo. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan Lembaga Suar Galang Keadilan (LSGK) yang berlangsung di balai Gampong Jambak, Kecamatan Pante Ceuremen, Meulaboh.

Menurut Kapolres Aceh Barat AKBP Teguh Priambodo Nugroho melalui Kasat Binmas AKP Wagimin, kegiatan tersebut bertujuan untuk meminimalisir kejahatan kehutanan di wilayah Aceh Barat  serta  antisipasi konflik sosial dan konflik sumber daya alam ke masyarakat di dua gampong tersebut.

“Gampong Jambak dan Gampong Seukundo merupakan desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan lindung Ulu Masen. Maka hal yang sangat perlu disampaikan adalah tentang manfaat hutan bagi kehidupan dan dampak dari pembalakan hutan secara liar di kawasan hutan lindung,” kata AKP Wagimin.

Langkah-langkah pencegahan kejahatan yang dimaksud, kata Wagimin, maka pihak Tim UKL Aceh Barat dan Polsek Pante Ceuremeun telah berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), salah satunya perwakilan badan penyuluhan pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan (BP4K) Kabupaten Aceh Barat.

“Hal tersebut penting, guna untuk mencari solusi alternative pengalihan mata pencarian untuk peningkatan ekonomi masyarakat di kawasan hutan. Maka Tim UKL melibatkan instansi terkait salah satunya mendatangkan narasumber dari Badan Penyuluhan Pertanian, Pertenakan, Perikanan, dan Kehutanan (BP4K) Aceh Barat,” sambung AKP Wagimin.

Ia menambahkan, untuk menciptakan dan menjaga agar hutan tetap seperti semestinya, maka dibutuhkan usaha bersama agar keseimbangan alam tetap terjaga serta dapat memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat sekitar.

Kegiatan sosialisasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolsek Kecamatan Pante Ceureumen, IPTU Usman A. Yani dan dihadiri oleh kalangan unsur perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD), Tim UKL, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) serta masyarakat sekitar dan para Keuchik Gampong. (Boy/al1)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *