Berita PilihanSigom Atjeh

Mantan Wali Kota Sabang Tutup Usia

Wali Kota Sabang periode 2001-2006, Sofyan Haroen. AtjehLINK | Jalal

Wali Kota Sabang periode 2001-2006, Sofyan Haroen. AtjehLINK | Jalal

Sabang – Mantan Wali Kota Sabang periode 2001-2006, Drs H. Sofyan Haroen M.M, MBA meninggal dunia. Almarhum tutup usia pada Sabtu (05/09/2015) sekira pukul 04:30 WIB di rumahnya, Jalan Kakap, Lamprit, Banda Aceh.

Informasi yang diterima media ini dari Kabag Humas Pemko Sabang, Abdullah S.E, jenazah almarhum dikebumikan pada hari itu juga di komplek pemakaman keluarga, Gampong Lamgugop, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh.

Paska beredarnya kabar duka kepergian tokoh tersebut, selain kerabat dan dan keluarga almarhum, warga Sabang juga berduyun-duyun mendatangi rumah duka. Amatan AtjehLINK, para pejabat Pemko Sabang yang  hadir di rumah duka antara lain Wali Kota Sabang Zulkifli H Adam, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Zulfi Purwati, Sekdako Sabang Sofyan Adam S.H.

Semasa menjabat Wali Kota Sabang, Drs Sofyan Haroen adalah pejabat yang dikenal dekat dengan masyarakat. Ia juga sukses memimpin pemerintahan kota Sabang melalui berbagai program. Bahkan, paska tidak lagi menjabat Wali Kota Sabang, almarhum menjadi salah satu tokoh yang disegani dan dihormati masayarakat Pulau Weh.

Pujian terhadap kinerja almarhum, kerap terdengar dari mulut warga Sabang. Salah satunya, Tutui Faridah. Wanita yang berprofesi sebagai guru di SMU Negeri Sabang ini menuturkan, sosok Sofyan Harun layak disebut sebagai bapak pembangunan Sabang.

“Meninggalnya bapak Sofyan Haroen sangat kehilangan bagi masyarakat Sabang. Almarhum merupakan bapak pembangunan yang telah meninggalkan berbagai kenangan manis yang tidak dapat dilupakan masyarakat pulau Weh ini. Karakter beliau perlu dicontohkan oleh pejabat lainnya,” ujarnya kepada AtjehLINK.

Almarhum meninggal dunia diduga akibat komplikasi penyakit yang sudah lama dideritanya. Sebelumnya almarhum sempat dirawat di Rumah Sakit Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Almarhum meninggalkan seorang istri, empat orang anak dan dua orang cucu. (Jalal/al1)

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *